Categories
Kesehatan

Apakah Ada Efek Samping Mengonsumsi Santan Kelapa?

Banyak yang mengira kalau mengonsumsi santan itu berbahaya, sebenarnya itu salah besar karena mengonsumsi santan malah banyak sekali manfaatnya. Kalaupun berbahaya itu bukan karena santannya tetapi karena bahan lainnya yang juga dipakai untuk masakannya. Misalnya saja adalah ditambah daging dan juga telur, barulah makanan olahan dari santan ini baru berbahaya kalau dikonsumsi terlalu banyak. Santan sendiri bisa bermanfaat dikarenakan kandungan santan kelapa ada banyak, contohnya saja adalah kalori, lemak dan juga berbagai macam vitamin baik lainnya. Jadi ingat yang salah itu bukan santannya tetapi yang salah adalah bahan tambahan makanannya.

Apa Sajakkah Manfaat Mengonsumsi Santan Kelapa Murni?

Mitos yang mengatakan penyakit itu datang kalau sudah mengonsumsi santan makanya jarang sekali memasak memakai santan karena dirasa menyebabkan tubuh tidak sehat. Mitos tersebut tidaklah benar karena santan itu tidak berbahaya malah sangat bermanfaat sekali kalau cara mengonsumsinya benar. Jadi kalau merasa takut makan santan, buang saja rasa takut tersebut karena setelah makan pasti yang dirasakan adalah badan jadi sehat. Untuk lebih jelas lagi tahu akan manfaat dari santan murni tersebut, tidak ada salahnya baca dulu penjelasan berikut ini.

·         Sumber Lemak

Tubuh jelas butuh sekali lemak agar bisa memproduksi energi dan salah satu sumber lemak terbaik adalah santan murni, memang santan murni itu terkena sekali kandungan santan kelapa itu banyak lemaknya. Tetapi untuk jenis lemaknya sendiri bukan yang membahayakan kesehatan karena lemak tersebut mudah sekali larut dalam air makanya tidak akan mengendap dalam tubuh. Santan baru akan berbahaya kalau dimasak bersamaan dengan daging atau bahan makanan lainnya yang juga mengandung lemak.

·         Sumber vitamin

Selain mengandung lemak, santan juga mengandung banyak sekali vitamin yang jelas bagus sekali untuk tubuh. Contohnya saja adalah vitamin A, vitamin D, vitamin K, vitamin E dan juga vitamin B6. Vitamin-vitamin tersebut sangatlah dibutuhkan tubuh karena bisa meningkatkan fungsi organ tubuh, jadi kalau tubuh butuh vitamin bisa saja dipenuhi dengan mengonsumsi santan tersebut. Tetapi untuk kadar santannya juga jangan berlebihan juga karena bisa saja menimbulkan dampak yang sebaliknya.

·         Mencegah Masuknya Bakteri Dan Virus

Tubuh kalau tidak bagus daya tahannya pasti akan mudah sekali terkena penyakit yang bisa disebabkan oleh virus atau bakteri. Agar bisa membuat daya tahan tersebut bisa bagus itu mudah saja dengan memanfaatkan santan kelapa saja sebab kandungan santan kelapa ada vitamin C juga asam Laurat. Kandungan santan tersebutlah yang meningkatkan daya tahan dan juga melindungi tubuh dari segala macam virus dan bakteri.

·         Mengatasi Rambut Rontok

Santan adalah obat terbaik untuk memperbaiki rambut rontok, rambut yang kering dan juga membantu pertumbuhan rambut. Untuk cara memakai santan ini adalah tinggal balurkan saja santan ke rambut dengan merata dan juga lakukan pijatan halus, setelah itu cuci rambut pakai sampo.

Siapa Yang Tidak Boleh Mengonsumsi Santan Kepala?

Santan kelapa jelas bermanfaat tetapi ada juga yang tidak bisa merasakan manfaat santan ini dan yang mengalami hal tersebut adalah orang yang memiliki alergi kacang-kacangan. Jika punya alergi tersebut baiknya hindari dulu santan ini sebab kalau sampai dikonsumsi maka akan menyebabkan alerginya kambuh. Tetapi kalau tidak ada alergi bebas mengonsumsi santan sebab kandungan santan kelapa baik untuk tubuh.

Penasaran dengan tips kesehatan lainnya? Simak di Ngovee. Unduh juga aplikasi Jovee di Google Play Store juga App Store. Dapatkan juga vitamin terbaik dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *