Categories
Uncategorized

Apa Saja Sih Penyebab Sakit Kulit?

Banyak orang yang menyepelekan penyakit kulit, karena memang sebagian besar bukan hal yang berbahaya meski ada juga yang berbahaya. Penyebab sakit kulit sendiri sangatlah beragam sekali, dan cara menanganinya pun bisa berbeda-beda sesuai penyebab dari sakitnya itu. Jadi mengetahui penyebabnya tentu menjadi satu hal yang sangat penting yang kan, meskipun ini adalah sakit yang sepele. Berikut ini beberapa penyebab orang itu bisa terkena sakit kulit yang bisa jadi sangat berbahaya namun bisa juga tidak terlalu.

Penyebab Dasar Sakit Kulit

Setiap penyakit tentu saja akan memiliki penyebabnya, ini tidak terkecuali juga pada penyakit kulit yang notabene sangat jarang. Tapi bukan berarti ini adalah penyakit yang bisa disepelekan, karena penyakit seperti itu pun bisa menjadi sangat parah. Dan secara medis ada beberapa penyebab utama mengapa seseorang bisa mengalami penyakit kulit yang mungkin cukup serius. Ada beberapa penyebabnya, dan berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih penyebabnya itu.

1. Infeksi Virus

Beberapa penyakit kulit yang sering ditemui di Indonesia itu adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh adanya virus. Ada tiga jenis virus yang bisa membuat orang terkena penyakit kulit seperti Poxvirus yang menyebabkan terkena cacar. Selain itu ada juga Human Papillomavirus yang menyebabkan kutil kelamin dan juga ada yang namanya virus herpes. Virus herpes adalah penyebab sakit kulit herpes kulit dan kelamin yang harus dihindari sebaik mungkin oleh banyak orang.

2. Infeksi Jamur

Banyak juga sih kasus orang yang terkena penyakit kulit itu adalah karena jamur, karena jamur bisa berhubungan dengan lembap. Kulit yang lembap dan jarang dibersihkan sudah pasti akan bisa membuat jamur tumbuh subur di kulit. Ada beberapa bagian kulit seperti mungkin ketiak ataupun juga selangkangan yang sering terjadi karena sangat lembap dan kotor. Jadi jangan biarkan tubuh dalam keadaan basah terlalu lama, itu akan menyebabkan adanya infeksi jamur. 

3. Infeksi Bakteri

Kulit kita itu sering sekali terdapat yang namanya bakteri, dan ada bakteri yang bisa dibilang bisa membuat kulit infeksi. Gangguan kulit akibat bakteri ini memang sering juga terjadi, dan salah satu medianya adalah luka pada kulit. Sebenarnya bukan berarti pasti ada luka ada infeksi kulit, namun ini akan meningkatkan risiko terkena sakit kulit. Biasanya penyebab sakit kulit bakteri itu akan bisa teratasi dengan sendirinya.

4. Infeksi Parasit

Penyebab yang terakhir adalah adanya infeksi parasit dan ini adalah yang paling berbahaya dari ke semuanya tadi. Karena parasit ini akan berbentuk seperti cacing ataupun serangga kecil yang hidup di dalam lapisan kulit. Bila hidup maka bisa jadi akan bertelur dan membuat orang merasa sangat tidak nyaman akibat adanya parasit tersebut. Tapi tenang saja, infeksi seperti ini biasanya tidak mengancam jiwa tapi tetap harus diwaspadai.

Penyebab Yang Lainnya

Selain dari beberapa penyebab infeksi di atas, ada juga beberapa penyebab lain yang membuat orang bisa terkena sakit kulit. Salah satunya adalah karena adanya riwayat terkena infeksi kulit, ada juga karena obesitas pun bisa menjadi penyebabnya. Bahkan tidak merawat diri dan membersihkan diri dengan benar pun bisa menjadi penyebab sakit kulit.

Menerapkan gaya hidup bersih menjadi salah satu upaya untuk kita bisa terhindar dari yang namanya penyakit kulit yang berbahaya. Kalian bisa mengunjungi Ngovee, di sana banyak informasi kesehatan yang bisa dipercaya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *