Categories
Kesehatan Obat

Apa itu Echinacea? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya!

Apa itu Echinacea

Keberadaan obat herbal saat ini semakin dicari terutama karena beberapa kontroversi yang terjadi akibat keberadaan obat kimia. Obat herbal menjadi alternatif pengobatan ataupun tindakan pencegahan saat terjadi gejala ringan sebuah penyakit. Salah satu obat herbal yang sering dibicarakan adalah Echinacea, tapi tahukah Anda apa itu Echinacea?

Apa Sebenarnya Echinacea?

Echinacea adalah salah satu tanaman berbunga yang biasa tumbuh di daratan Amerika juga Eropa dengan beberapa jenis berbeda. Jenis tanaman ini adalah Echinacea angustifolia, purpurea, dan juga palida dengan sedikit perbedaan pada manfaatnya. Tanaman ini biasa digunakan oleh suku Indian di daerah Great Plains sejak dulu sebagai obat herbal.

Tanaman ini menurut peneliti Jerman dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara signifikan. Karena itu penyakit seperti flu dan saluran pernapasan bisa diatasi dengan mengkonsumsi bagian akar atau daun dari tanaman ini. Obat ini juga termasuk dalam salah satu jenis obat yang termasuk paling laku di AS meskipun khasiatnya masih diperdebatkan.

Menggunakan Echinacea

Ada banyak produk yang dihasilkan dari tanaman ini seperti misalnya bubuk, teh, krim oles, ataupun juga dalam bentuk jus. Secara tradisional, tanaman ini akan dicampurkan dengan beberapa rempah kemudian diberi air panas dan dikonsumsi dalam bentuk the. Beberapa orang bahkan mengkonsumsi tanaman ini dengan meremasnya lalu dicampurkan dalam jus.

Karena keberadaan teknologi saat ini, bahan inipun kemudian diolah menjadi suplemen agar lebih mudah dikonsumsi. Beberapa ramuan tradisional juga mencampurkan tanaman ini untuk obat dari penyakit hati. Meski begitu, sebaiknya tanaman ini tidak dikonsumsi secara terus-menerus selama dua minggu karena bisa memberikan efek buruk.

Manfaat Echinacea

Mengenal apa itu Echinacea berarti juga memahami apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman ini. Kegunaan utama obat herbal satu ini memang untuk penyakit flu dan masalah pernapasan lainnya tetapi juga bisa membantu penyakit lain. Penyakit kulit bisa diringankan gejalanya cukup dengan mengoleskan saja krim dari Echinacea ke bagian yang meradang.

Echinacea sendiri bisa merangsang sistem imun tubuh menjadi lebih baik lagi sehingga lebih tahan terhadap radikal bebas. Ketika dikonsumsi, obat ini akan merangsang kegiatan sel CD4 yang nantinya akan menjadikan sel lain penjaga kekebalan tubuh juga aktif. Perbanyakan sel darah putih juga akan dirangsang oleh obat ini sehingga kuman yang masuk bisa diatasi.

Apakah Echinacea Berinteraksi dengan Obat Lain?

Umumnya, obat herbal tidak akan memberikan efek buruk bagi tubuh karena interaksi dengan obat lain tergolong rendah. Tidak adanya riset mendalam mengenai interaksi obat herbal juga semakin menjadikan konsumsi obat herbal cenderung sembarangan.

Meskipun begitu, beberapa obat khusus yang bisa meningkatkan sistem imun bisa dilemahkan efeknya dengan konsumsi obat ini. Obat antiretroviral (ARV) yang dikonsumsi penderita HIV/AIDS juga diperkirakan bisa dilemahkan karena adanya obat ini. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter apa saja obat yang dikonsumsi agar tidak terjadi hal buruk.

Echinacea mungkin tidak mengakibatkan hal buruk dari interaksi obat, tetapi konsumsi obat ini tidak dianjurkan untuk beberapa orang. Orang dengan keunikan dalam sistem imun seperti penderita HIV/AIDS misalnya, tidak boleh menggunakan obat ini. Ibu hamil, ibu menyusui, serta anak kecil juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat ini.

Memahami apa itu Echinacea dengan baik akan membuat Anda lebih bijak dalam mengkonsumsi obat meskipun tergolong dalam obat herbal. Konsultasi dengan dokter akan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan agar efek samping yang mungkin terjadi bisa diminimalisir.

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *