Categories
Kesehatan

Apa itu Curcuma Xanthorrhiza? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya

Apa itu Curcuma Xanthorrhiza

Keberadaan obat tradisional saat ini sudah mulai diminati lagi oleh masyarakat luas karena kampanye hidup sehat yang semakin meluas. Salah satu obat herbal yang saat ini sering dicari karena fungsinya yang banyak adalah curcuma xanthorrhiza. Lantas apa itu curcuma xanthorrhiza sebenarnya?

Gambaran Umum

Curcuma xanthorrhiza adalah salah satu tumbuhan obat yang tergolong dalam family Zingiberaceae atau temu-temuan. Tanaman ini merupakan tanaman endemik yang berasal dari pulau Jawa kemudian baru disebarkan ke banyak negara di dunia. Temulawak jarang dibudidayakan secara masiv tetapi penyebaran tanaman ini hampir ke seluruh Indonesia.

Temulawak merupakan tanaman yang dimanfaatkan pada bagian rimpangnya yang berukuran cukup besar berwarna kekuningan. Di Indonesia sendiri, temulawak biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu ataupun obat herbal.

Kandungan Curcuma Xanthorrhiza

Temulawak yang punya banyak manfaat tidak terlepas dari kandungan di dalamnya yang cukup banyak. Beberapa kandungan temulawak yakni seperti xanthorrhizol, minyak atsiri, kamfer, glikosida, kurminoid, fellandrean, dan foluymetik karbinol. Setiap zat yang dikandung temulawak memiliki fungsi berbeda-beda tetapi berperan penting dalam tubuh.

Manfaat Temulawak

Curcuma Xanthorrhiza tidak akan banyak dicari ketika tidak memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh. Memang sudah banyak yang tau bahwa temulawak biasa digunakan untuk kesehatan perut dan jantung. Tetapi pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara rinci apa saja manfaat temulawak dan zat apa yang bekerja di dalamnya.

1. Mencegah Jerawat

Tumbuhan ini ternyata memiliki fungsi sebagai obat jerawat baik itu sebagai pencegah ataupun mengurangi ruam saat sudah muncul jerawat. Ini karena sifat astringent yang dimiliki oleh temulawak yang nanti berfungsi untuk mengurangi produksi minyak pada kulit wajah. Selain itu, temulawak yang bersifat sebagai antibakteri juga bisa digunakan sebagai pembersih.

2. Mengatasi Masuk Angin

Apa itu curcuma xanthorrhiza sudah dijelaskan tadi dan fungsi lain dari tanaman ini adalah mengatasi masuk angin. Temulawak bisa menciptakan sensasi hangat pada bagian perut sehingga rasa mual akibat masuk angin bisa teratasi.

3. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung saat ini menjadi penyebab kematian yang paling banyak terjadi di seluruh dunia. Kesehatan jantung bisa terjaga dengan konsumsi temulawak yang dilakukan secara teratur dengan dosis yang benar. Kandungan curcumin bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah agar tetap normal dan tidak mengalami penyumbatan.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Ada banyak sekali pencernaan yang sering menyerang tubuh seperti misalnya kembung bahkan hingga radang usus. Lagi-lagi, kandungan curcumin menjadi zat yang berfungsi melawan peradangan yang terjadi di organ pencernaan. Temulawak juga dipercaya bisa menambah nafsu makan dari anak-anak yang biasanya mengalami sulit makan.

5. Melawan Sel Kanker

Keberadaan radikal bebas saat ini semakin mudah ditemukan dan zat tersebut menjadi penyebab terjadinya kanker. Tanaman temulawak ini memiliki kandungan aktif seperti xanthorrhizol yang bisa menangkal radikal bebas. Jurnal kesehatan The Prostate juga memberikan hasil bahwa zat aktif tersebut bisa melawan kanker baik itu kanker payudara hingga kanker prostat.

Pertanyaan dasar mengenai apa itu curcuma xanthorrhiza saat ini seharusnya sudah bisa terjawab. Meskipun memiliki berbagai manfaat, konsumsi temulawak juga perlu diperhatikan, jangan minum temulawak setiap hari. Jika konsumsi temulawak dalam bentuk jamu terlalu rumit, maka konsumsi dalam bentuk suplemen bisa sangat menjadi alternatif konsumsi.

Jangan pernah kehilangan tren dan info kesehatan paling baru. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *