Categories
Penyakit

Alami Sakit Perut Sebelah Kiri? 5 Penyakit Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Sakit Perut Sebelah Kiri

Perut merupakan salah satu masalah yang paling sering dialami. Namun menggambarkan gejala sakit perut, nyeri perut maupun perut melilit terbilang masih kurang spesifik. Lokasi juga merupakan salah satu bahan pertimbangan untuk mengetahui penyebab rasa sakit tersebut. Ini dia beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri.

1. Pankreatitis Akut

Pankreatitis akut merupakan peradangan pada pankreas yang terletak di sisi kiri atas perut. Gejalanya bisa muncul secara mendadak dan menyebabkan nyeri di daerah perut bagian atas. Rasa nyerinya juga bisa menjalar ke daerah punggung. Penyakit ini juga bisa melibatkan organ lain. Kondisi ini juga bisa berkembang menjadi pankreatitis kronis.

2. Gastritis

Gastritis bisa terjadi ketika ada iritasi pada lapisan lambung. Kondisi ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebabkan luka. Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit tertentu atau terlalu banyak minum minuman beralkohol juga bisa menjadi penyebab gastritis.

Gejala yang paling sering dialami yakni rasa nyeri pada bagian kiri atas perut yang disertai dengan rasa terbakar, mual dan muntah hingga perasaan perut atas penuh setelah makan. Gastritis bisa terjadi secara tiba-tiba atau perlahan dari waktu ke waktu. Dalam kondisi tertentu penyakit ini berisiko meningkatkan kanker lambung.

3. Angina

Angina merupakan istilah yang sering digunakan untuk nyeri dada yang disebabkan karena berkurangnya aliran darah ke otot jantung. Biasanya angina sering digambarkan sebagai sensasi dada diremas-remas, tertekan, berat, sesak dan sakit di dada. Angina atau yang sering disebut dengan anemia pectoris juga bisa menjadi masalah yang berulang atau tiba-tiba.

Gejala angina yang dirasakan wanita cukup berbeda dari gejala angina klasik. Bila terjadi pada wanita penderitanya akan merasakan gejala seperti mual, sakit perut sebelah kiri, sesak nafas dan kelelahan ekstrem yang disertai dengan nyeri dada. Bahkan rasa tidak nyaman ini juga bisa terjadi pada leher, rahang dan punggung.

4. Penyakit Ginjal

Masalah batu ginjal umumnya disebabkan karena tingginya kadar kalsium atau asam urat dalam tubuh. Selain itu dehidrasi juga bisa menjadi penyebab batu ginjal. Gejala penyakit batu ginjal yang sering dialami antara lain seperti sakit perut pada bagian kiri bawah, mual dan muntah, nyeri di pangkal paha hingga demam.

Sakit perut pada bagian kiri bawah juga bisa disebabkan karena infeksi pada ginjal. Peradangan umumnya terjadi mulai dari kandung kemih yang kemudian menjalar ke ginjal. Rasa nyeri juga bisa terjadi saat buang air kecil. Bahkan terkadang urine juga berdarah. Jika mengalaminya pastikan segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

5. Kista Indung Rahim

Rahim merupakan tumor jinak yang berisi cairan dan tumbuh di dalam atau permukaan dinding rahim. Ada beberapa wanita yang memiliki kista Indung rahim pada beberapa titik selama hidup mereka. Kebanyakan kista ovarium tidak berbahaya. Bahkan mayoritas kista ovarium juga bisa menghilang tanpa pengobatan dalam beberapa bulan.

Namun pada beberapa kasus kista ovarium yang pecah bisa menyebabkan gejala yang serius. Mulai dari sakit perut sebelah kiri, terasa nyeri pada panggul secara tiba-tiba, perut yang parah dan rasa sakit yang disertai dengan demam atau muntah. Jadi jika Anda merasakan beberapa gejala tersebut jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter

Itu dia beberapa penyebab sakit perut sebelah kiri yang perlu Anda waspadai. Meski terkesan sepele namun sakit perut juga bisa menjadi salah satu pertanda adanya masalah serius dalam tubuh. Jadi jangan ragu untuk rutin melakukan pemeriksaan agar terhindar dari beberapa masalah di atas. Selain itu jangan lupa untuk rutin berolahraga dan memulai gaya hidup sehat.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *