Categories
Obat

5 Manfaat Pycnogenol Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Pycnogenol

Tubuh memang membutuhkan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan salah satu penyebab berbagai penyakit dan penuaan diri. Tahukah Anda jika ekstrak pohon pinus juga kaya akan kandungan antioksidan? Nah ini dia beberapa manfaat pycnogenol bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui.

Kapasitas Antioksidan dan Anti Inflamasi

Ekstrak kulit pinus (pycnogenol) mampu menawarkan perlindungan terhadap radikal bebas. Sebagian besar kandungan antioksidan yang terdapat pada pycnogenol berasal dari senyawa fenolik seperti proantosianidin. Sebuah penelitian menunjukkan jika pycnogenol bermanfaat untuk melindungi sel-sel pembuluh darah terhadap oksidasi.

Tak hanya itu saja, pycnogenol juga bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas enzim antioksidan seperti superoksida dismutase dan meningkatkan  kadar glutathione intraseluler. Terlebih lagi kapasitas antioksidan juga berkaitan erat dengan penghambatan enzim proinflamasi dan pengurangan pembentukan zat yang mampu mendukung peradangan.

Melindungi Vena dan Memproduksi Oksida Nitrat

Proantosianidin juga memiliki sifat afinitas yang bermanfaat untuk sel dengan glikosaminoglikan. Sel-sel tersebut umumnya terletak di jaringan kulit, dinding pembuluh darah atau mukosa usus. Pycnogenol sendiri bermanfaat untuk  mengurangi microbleeds dan pembentukan edema dalam pembuluh darah

Hingga meningkatkan fungsi vaskuler dan sirkulasi perifer.

Selain itu nitrogen monoksida yang terkandung pada pycnogenol juga mampu menawarkan perlindungan terhadap agregasi trombosit dan oksidasi lipid plasma. Pycnogenol juga mampu merangsang produksi nitrat oksida (NO) yang bermanfaat untuk mendukung vasodilatasi dan mikrosirkulasi. Sedangkan antioksidan berkontribusi pada pembentukan senyawa ini.

Baik untuk Sistem Kardiovaskular

Manfaat dari pycnogenol yang paling banyak diketahui adalah untuk perawatan sistem kardiovaskular. Pycnogenol bermanfaat untuk meningkatkan sintesis oksida nitrat. Oksida nitrat sendiri berfungsi untuk meningkatkan relaksasi dan vasodilatasi otot yang mengelilingi pembuluh darah sekaligus mengurangi agregasi platelet.

Tak hanya itu saja, pycnogenol juga ikut berkontribusi untuk perawatan endotel yang sangat bermanfaat pada kasus yang berkaitan dengan vena varietas atau vena rapuh yang cenderung mudah pecah.

Retinopatik dan Gangguan Retina

Beberapa hal di atas, manfaat lain dari pycnogenol adalah membantu mengatasi retinopatik dan gangguan retina. Hal ini disebabkan karena zat antioksidan pada pycnogenol mampu membantu orang-orang yang memiliki masalah perubahan siklus mikro di retina. Kandungan ini juga mampu melindungi dan meningkatkan penglihatan pada orang-orang tersebut.

Performa Olahraga dan Sistem Otot

Rutin mengonsumsi pycnogenol juga membantu mempertahankan performa olahraga dan memperkuat otot. Mengonsumsi 100 mg pycnogenol setiap hari bersamaan dengan pelatihan yang memadai mampu meningkatkan adaptasi dan hasil pelatihan. Selain itu, pycnogenol juga bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif yang disebabkan karena olahraga.

Suplemen dengan kandungan pycnogenol sangat bermanfaat bagi atlet ketahanan. Sebab suplemen ini mampu meningkatkan waktu yang diperoleh dalam pelatihan dan tes. Pycnogenol mampu mencegah kram dan nyeri otot saat beristirahat dan selama atau setelah latihan fisik.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Seperti yang sudah diketahui jika pycnogenol kaya akan kandungan afinitas yang baik untuk sel-sel kulit. Pycnogenol efektif untuk meningkatkan elastisitas dan penampilan kulit. Selain itu pycnogenol juga mampu membantu meningkatkan sirkulasi mikro di kulit dengan meningkatkan oksigenasi, luminositas dan melemahkan tanda-tanda yang muncul sebagai akibat faktor usia.

Pycnogenol juga bisa membantu mengurangi melasma. Melasma merupakan perubahan hiperpigmentasi kulit yang sangat umum dialami wanita. Bahkan pycnogenol juga mampu membantu mengurangi reaksi kemerahan yang timbul sebagai akibat paparan sinar matahari.

Itu dia beberapa manfaat pycnogenol bagi kesehatan yang jarang diketahui. Meskipun pycnogenol memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, pastikan untuk selalu mengonsumsinya dalam batas wajar sesuai dengan resep dokter. Pycnogenol tidak disarankan dikonsumsi oleh wanita hamil dan wanita menyusui.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Categories
Penyakit

5 Ciri Serangan Jantung yang Harus Segera Ditanggapi

Ciri Serangan Jantung

Jantung merupakan organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga agar otot-otot jantung selalu bekerja dengan baik adalah dengan rutin berolahraga. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat untuk mencegah serangan jantung. Terdapat beberapa ciri serangan jantung, berikut adalah di antaranya.

1. Rasa Tidak Nyaman pada Dada

Ciri jantung mulai terserang yang pertama adalah munculnya rasa tidak nyaman pada bagian dada. Hal ini dikarenakan adanya sumbatan pada bagian arteri jantung. Rasa tidak nyaman yang terjadi biasanya adalah seperti sesak,nyeri, tekanan pada bagian dada, dan rasa seperti terbakar. Biasanya tanda ini akan muncul selama beberapa menit saja.

Pada umumnya rasa tidak nyaman ini akan muncul ketika melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Sehingga, saat sedang jam padat dan Anda merasa ada yang sakit pada bagian dada, lebih baik istirahat terlebih dahulu sampai rasa tersebut hilang. Namun, beberapa orang juga ada yang merasakan tanda ini ketika sedang beristirahat.

Jika rasa ini hanya muncul hanya sekali, mungkin bisa saja ini bukan tanda dari adanya serangan jantung. Namun, jika tanda ini muncul berkali-kali, segeralah untuk memeriksakannya ke dokter agar bisa mendapatkan diagnosa yang tepat. Perlu diketahui juga, bahwa wanita tidak memiliki tanda ini saat mengidap penyakit jantung.

2. Mulas atau Sakit Perut

Tanda yang kedua ini umumnya dirasakan oleh wanita. Beberapa wanita biasanya akan mengalami mual, mulas atau rasa tidak nyaman pada perut saat memiliki gangguan jantung. Tanda ini memang tidak bisa dipastikan menandakan adanya serangan jantung, namun Anda tetap untuk diwaspadai. Konsultasikan dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Nyeri pada Bagian Lengan

Ciri serangan jantung lainnya adalah rasa nyeri pada bagian lengan. Biasanya, rasa ini berasal dari dada yang sebelah kiri yang selanjutnya menjalar ke tubuh di bagian kiri, salah satunya adalah pada bagian lengan.  Jadi, saat Anda merasa sakit pada lengan di bagian kiri, Anda bisa memeriksakannya ke dokter, karena hal tersebut bisa berpeluang serangan jantung.

4. Batuk tak Kunjung Sembuh

Saat kondisi tubuh sedang lemah, mungkin batuk akan mudah menyerang. Namun, beda ceritanya dengan serangan jantung, cirinya adalah batuk yang tak kunjung sembuh. Biasanya batuk ini juga mengeluarkan riak berwarna putih atau merah muda. Hal ini bisa dijadikan sebagai tanda gagal jantung.

Batuk ini bisa dikarenakan adanya kebocoran pembuluh darah pada jantung, sehingga darah yang bocor tersebut akan kembali lagi ke paru-paru. Jika Anda mengalami hal ini, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter, karena hal ini perlu penanganan yang cepat agar tidak menjadi semakin parah.

5. Detak Jantung Tidak Beraturan

Jantung bisa saja mengalami detakan yang tidak beraturan karena beberapa hal, misalnya adalah saat gugup, kurang tidur, terlalu banyak mengonsumsi kafein dan bekerja keras. namun, untuk orang-orang  yang mengalami serangan jantung, akan mengalami detak jantung yang tidak beraturan tanpa sebab.

Itulah tadi beberapa ciri serangan jantung yang perlu diwaspadai. Penting juga untuk menghindari makanan-makanan yang bisa memicu serangan jantung, misalnya adalah seperti soda, minuman manis, makanan cepat saji, karbohidrat olahan dan makanan tinggi kolesterol. Jangan lupa untuk selalu imbangi dengan olahraga secara teratur.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Categories
Kesehatan

Bagaimana Dampak Emotional Eating bagi Kesehatan? Ini Penjelasannya

Dampak Emotional Eating

Beberapa orang mungkin menggunakan makanan sebagai pelepas stress ataupun sebagai hadiah bagi diri sendiri. Makanan yang dimakan kebanyakan adalah makanan fast food, junk food, ataupun makanan manis. Tetapi sebenarnya aktivitas tersebut adalah emotional eating. Ada beberapa dampak emotional eating ini terhadap kesehatan jika sudah berlebihan.

Kapan Emotional Eating itu Salah?

Pada dasarnya, aktivitas makan sebagai pelepas stress ataupun hadiah diri sendiri bukanlah sesuatu yang salah. Hal ini baru bisa dikategorikan sebagai kesalahan ketika sudah masuk ke dalam proses coping mechanism seseorang. Maksudnya adalah ketika seseorang lebih memilih untuk makan demi meredakan stress daripada berbicara dengan orang lain.

Menggunakan makanan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan emosional adalah kesalahan besar. Pasalnya, emosi negatif yang ada dalam diri tidak akan menjadi hilang atau berkurang hanya karena makanan yang dikonsumsi. Faktanya lagi, makan berlebihan akibat emotional eating ini seringkali menimbulkan perasaan bersalah yang menjadi-jadi.

Bagaimana Emotional Eating Berdampak pada Kesehatan?

Di awal menerapkan makan sebagai pengalihan emosi mungkin tidak akan tampak masalah kesehatan yang mengganggu. Mungkin beberapa hal yang timbul hanyalah perasaan kembung atau malas karena perut yang terlalu penuh menyimpan makanan.

Ternyata, aktivitas emotional eating yang berlangsung terus menerus bisa secara langsung mengganggu kesehatan tubuh. Pola makan akan menjadi memburuk seiring berjalannya waktu karena sulitnya melepaskan aktivitas makan saat tertekan. Dampaknya adalah makan menjadi satu-satunya aktivitas yang dilakukan sehingga kalori yang masuk tidak lagi terkontrol.

Dalam jangka waktu tertentu, berat badan seseorang akan mulai berubah dan menjadi lebih gemuk. Sangat mungkin seseorang dengan emotional eating akan mengalami obesitas dalam beberapa waktu ke depan utamanya ketika mulai menua. Obesitas sendiri menjadi salah satu permasalahan kesehatan serius yang menjadi perhatian banyak negara.

Banyak permasalahan kesehatan yang mulai muncul ketika seseorang sudah memiliki berat badan berlebih seperti misalnya diabetes. Orang dengan obesitas juga memiliki resiko lebih tinggi terkena serangan jantung ataupun penyakit kanker akibat menumpuknya lemak dalam tubuh.

Ketika berat badan sudah mulai berlebih, akan muncul juga masalah mental akibat terbiasanya seseorang memendam masalah dengan makan. Perasaan sendirian, cemas, bahkan tertekan tidak bisa lagi dibagi ke individu lain akibat pola hidup yang sebelumnya.

Bagaimana Mengatasi Emotional Eating?

Mengatasi emotional eating sebenarnya bukan perkara mudah apalagi ketika tubuh sudah terbiasa dengan hal itu. Alam bawah sadar akan terus menerus memaksa Anda untuk makan ketika sewaktu-waktu pikiran sedang buruk atau kesepian. Mengatasi emotional eating sebenarnya didasari oleh kesadaran untuk berdamai dengan diri sendiri juga.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah jangan enggan untuk bercerita dengan orang lain ketika terjadi masalah. Kesepianlah yang menjadi salah satu penyebab mengapa makan ketika pikiran sedang kalut terasa meringankan sedikit beban. Dengan berbicara dengan orang lain, Anda tidak akan mencari makanan untuk dimakan.

Cobalah juga untuk menerima perasaan Anda meskipun itu adalah perasaan buruk yang kerap menghantui. Biarkan perasaan buruk itu tetap ada lalu coba untuk menahannya tanpa perlu mencari makanan untuk menghindari perasaan tersebut. Melakukan hal ini juga bisa membuat mengerti bagaimana mengontrol stress dan apa saja yang bisa dilakukan nantinya.

Secara garis besar, dampak emotional eating sendiri tidak akan terasa dalam jangka waktu pendek. Jangan pernah meremehkan hal ini karena nanti ketika sadar, semuanya mungkin sudah terlambat. Coba untuk hidup sehat dengan mengatur pola makan dan konsumsi vitamin yang cukup setiap harinya.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Categories
Kesehatan

Benarkah Indeks Glikemik Mangga Aman untuk Penderita Diabetes?

Indeks Glikemik Mangga

Banyak sekali pantangan makanan yang harus dihindari oleh orang yang mempunyai penyakit diabetes. Salah satunya adalah mangga. Namun, beberapa orang juga ada yang beranggapan kalau indeks glikemik mangga masih dalam rentan yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Lalu manakah yang benar? Simak penjelasan berikut ini

Manfaat Buah Mangga

Dilansir dalam sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh Federation of American Societies for Experimental Biology, menyatakan bahwa dengan mengonsumsi mangga secara rutin akan memberikan manfaat sebagai berikut :

1. Pengganti Karbohidrat

Mangga dipercaya dapat menjadi pengganti karbohidrat atau produk olahan susu dalam menu makanan sehari-hari. Namun, ahli nutrisi Lokendra Tomar dari Weight Loss Clinic yang ada di New Delhi, India menyarankan sebaliknya.

Menurut Tomar, mangga untuk diabetes sebaiknya dihindari karena buah ini tinggi karbohidrat dan gula. Jika penderita diabetes mengonsumsi mangga, mau tidak mau Anda harus menghindari konsumsi karbohidrat seperti tepung atau nasi agar tidak berlebihan mengonsumsi karbohidrat dan gula.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Mangga bermanfaat untuk mengontrol dan menurunkan gula darah meski buah ini mengandung glukosa alami. Jadi mangga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Menurunkan Resistensi Insulin

Studi lain yang dilakukan para ahli Oklahoma University bahkan menyatakan bahwa konsumsi mangga secara teratur dapat menurunkan resistensi insulin dan meningkatkan toleransi glukosa pada penderita diabetes.

Pakar nutrisi lainnya, Dr. Anju Sood juga menyarankan bagi penderita diabetes untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi mangga. Sebab, jika ternyata gula darahnya sangat tinggi, dikhawatirkan mengonsumsi buah ini dapat menimbulkan komplikasi atau efek kesehatan lainnya.

Indeks Glikemik Mangga

Salah satu alat yang populer untuk mengelola diet diabetes adalah indeks glikemik (GI). Alat ini bisa mengukur seberapa cepat makanan tertentu menyebabkan gula darah Anda melonjak, dibandingkan dengan efek glukosa murni. Makanan yang mempunyai GI rendah memiliki efek yang lebih kecil pada gula darah dibandingkan makanan dengan GI tinggi.

Indeks glikemik mangga tergolong rendah yaitu sebesar 51, jauh di bawah buah-buahan tropis yang sebanding seperti nanas dan pepaya. Dengan kata lain, satu porsi mangga – sekitar seperempat buah – sekitar 1/2 cangkir mangga potong dadu dan mangga utuh tidak akan berdampak banyak pada kadar gula darah Anda.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Mangga

Menjaga gula darah Anda agar lebih terkendali itu penting, tapi itu bukan satu-satunya cara. Menjaga pola makan yang sehat juga harus berarti memperhatikan kandungan nutrisi makanan dalam kaitannya dengan kalori yang Anda konsumsi.

Mangga masih menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes, apabila dikonsumsi dalam porsi yang cukup. Mangga kaya akan vitamin C dan A, mengandung serat larut, yang juga ditemukan dalam kacang-kacangan dan gandum, serta memiliki sedikit kalium.

Konsumsi Mangga untuk Penderita Diabetes yang Aman

Agar Anda bisa mendapat manfaat dengan maksimal, penderita diabetes harus membatasi asupan mangga hariannya. Penderita diabetes hanya perlu makan satu buah mangga dalam satu hari agar gula darahnya tidak naik terlalu banyak. Anda juga bisa membagi porsi menjadi dua di pagi hari dan setengahnya di malam hari sebelum tidur.

Selain itu, Anda juga harus mengimbangi dengan makanan bergizi lainnya, seperti makan alpukat atau apel yang direkomendasikan untuk penderita diabetes. Lengkapi diet harian Anda dengan sayuran dan camilan sehat seperti biji-bijian dan almond.

Jadi memang benar kalau mengonsumsi buah mangga untuk penderita diabetes itu aman-aman saja, selama masih dalam porsi yang normal. Sebab, indeks glikemik mangga memang tergolong rendah dan juga bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah.

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Categories
Kesehatan

Penting! Ini Manfaat Olahraga Angkat Kaki Bila Dilakukan Rutin

Manfaat Olahraga Angkat Kaki

Pada dasarnya olahraga merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Terdapat beragam kegiatan olahraga salah satunya adalah angkat kaki atau biasa dikenal dengan sebutan leg up. Perlu Anda ketahui gerakan olahraga ini memiliki banyak manfaat. Ini manfaat olahraga angkat kaki bila dilakukan rutin.

1. Membakar Kalori dengan Cepat

Angkat kaki merupakan salah satu gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah sebagai salah satu cara untuk olahraga. Gerakan ini cocok bagi Anda yang sudah sibuk dengan rutinitas. Olahraga yang cukup mudah hanya mengangkat kaki ke tembok sambil berbaring.

Anda dapat melakukan gerakan  ini selama 20 menit setiap hari untuk merasakan manfaat yang luar biasa. Gerakan olahraga ini mampu membantu mengencangkan otot-otot, memperbaiki bentuk tubuh, termasuk membakar 58 – 65 kalori pada setiap 10 – 15 menit.

Manfaat olahraga angkat kaki ini memberikan efek berupa lemak di daerah perut terbakar lebih cepat terlebih lagi ketika Anda mengombinasikan gerakan olahraga ini dengan diet rendah karbohidrat secara tepat dan rutin. Cari posisi paling nyaman untuk melakukan gerakan olahraga angkat kaki.

2. Memperkuat Otot Inti

Manfaat lain yang dapat dirasakan dari melakukan gerakan angkat kaki secara rutin adalah dapat memperkuat otot inti. Melakukan gerakan angkat kaki dengan posisi yang benar mampu menguatkan otot perut bagian bawah dan atas sementara kaki di lantai mampu membakar lemak di perut bagian bawah.

Dalam melakukan latihan ini prosedur yang disarankan adalah dengan mengayunkan kaki maju dan mundur dalam momentum yang lambat. Membiasakan mengulangi gerakan angkat kaki secara rutin dan teratur akan memperkuat otot perut dan fleksor pinggul.

Bagi Anda yang sehari-hari dituntut menggunakan sepatu berhak tinggi meluangkan waktu 20 menit untuk melakukan gerakan angkat kaki bisa jadi penolong agar dalam aktivitas menggunakan sepatu berhak tinggi tidak gampang capek dan sirkulasi darah bisa kembali lancar.

3. Mencegah Stres

Melakukan gerakan angkat kaki atau leg up merupakan berbaring dengan posisi kaki terangkat ke tembok. Posisi seperti ini akan membawa  tubuh menjadi lebih rileks dan mampu bernapas dengan lebih tenang. Dalam kondisi seperti ini jaringan tubuh akan mendapat lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah makin lancar.

Sirkulasi darah yang lancar akan mempermudah proses nutrisi  diedarkan ke seluruh organ dalam. Dengan begitu kemudian  sistem saraf menjadi lebih baik, tekanan di sekitar kening berkurang, leher, dan perut menjadi rileks sehingga menjadi tidak mudah stres. Tidak jarang stres juga dapat dipicu karena susah tidur atau insomnia.

Bagi Anda yang sering mengalami insomnia dapat mencoba  melakukan gerakan angkat kaki secara rutin. Otak akan mendapat lebih banyak oksigen dan sirkulasi darah lebih lancar dengan melakukan gerakan angkat kaki ke tembok selama 15-20 menit. Kondisi seperti ini akan membawa tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Melakukan gerakan angkat kaki dengan posisi yang benar akan membuat suplai darah menuju organ-organ dalam meningkat melalui aliran dari kaki. Sistem pencernaan menjadi lebih optimal sejalan dengan sirkulasi darah yang meningkat. Memungkinkan sebagian besar nutrisi yang Anda cerna akan diserap dengan lebih cepat.

Tidak hanya rutin melakukan kegiatan olahraga Anda juga perlu menerapkan  pola makan sehat untuk mendapatkan manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Untuk merasakan  manfaat olahraga angkat kaki ada baiknya untuk Anda mulai dari gerakan sederhana mulai saat ini juga.

Ingin mendapat tips menarik mengenai gaya hidup sehat? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Miliki aplikasi Jovee untuk melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Categories
Suplemen

Carnitine adalah? Temukan Jawabannya di Sini!

Carnitine adalah

Carnitine adalah asam amino alami yang diproduksi oleh tubuh, namun juga tersedia dalam bentuk suplemen. Carnitine memiliki peran penting dalam mengubah lemak menjadi energi untuk beraktivitas. Tak hanya itu saja, carnitine juga memiliki beberapa manfaat lain untuk tubuh. Berikut informasi lengkap tentang carnitine.

Apa Itu Carnitine?

Carnitine merupakan asam amino esensial metionin dan lisin yang memiliki sifat seperti vitamin namun tidak masuk dalam kategori vitamin. Carnitine berfungsi untuk mengubah asam lemak menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Carnitine diproduksi oleh tubuh dengan bantuan sel mitokondria yang berperan sebagai mesin untuk membakar lemak menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebanyak 98% carnitine berada di dalam otot, sedangkan sisanya 2% carnitine dapat ditemukan di dalam darah dan organ hati.

Meskipun carnitine dapat diproduksi tubuh secara alami, namun proses produksi carnitine sangat kompleks dan melibatkan sejumlah vitamin, mineral dan asam amino. Makanan-makanan yang kita konsumsi juga mengandung carnitine seperti, daging, biji-bijian dan sayuran hijau.

Jenis-Jenis Carnitine

Ada beberapa jenis carnitine yang ditemukan dalam tubuh dan nutrisi yang bisa Anda beli bebas sebagai suplemen makanan. Berikut ini beberapa jenis carnitine dan masing-masing fungsi.

1. L-carnitine L-tartrate

Jenis carnitine ini adalah salah satu jenis carnitine yang sering ditemui pada suplemen olahraga karena memiliki tingkat penyerapan yang lebih cepat. L-carnitine L-tartrate sangat efektif untuk meningkatkan energi, mengatasi nyeri otot dan pemulihan energi setelah berolahraga.

2. D-carnitine

Carnitine satu ini merupakan bentuk carnitine tidak aktif dari carnitine. Biasanya, carnitine ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena dapat menghambat penyerapan bentuk carnitine yang aktif dan berguna untuk tubuh.

3. Propionyl L-carnitine

Carnitine adalah jenis yang diandalkan untuk mengobati masalah peredaran darah, seperti penyakit pembuluh darah dan tekanan darah tinggi. Hal ini karena jenis carnitine satu ini mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah.

4. Acetyl L-carnitine

Jenis carnitine ini bermanfaat untuk fungsi otak dan dapat digunakan untuk mengobati gangguan saraf seperti penyakit alzheimer. Carnitine satu ini juga bermanfaat untuk mengurangi gejala depresi.

Manfaat-Manfaat Carnitine

Suplemen carnitine mempunyai banyak manfaat untuk tubuh seperti melindungi fungsi otak, mengganti kurangnya kadar carnitine dalam tubuh, membantu mengobati masalah kesehatan jantung, meningkatkan performa olahraga, mengobati masalah infertilitas dan mengurangi gejala diabetes.

Dosis Carnitine

Semua suplemen tentunya aman apabila dikonsumsi dengan bijak sesuai dengan petunjuk, begitu juga dengan carnitine. Dosis aman carnitine dalam sehari adalah 500-2000 mg. Namun, biasanya dosis carnitine juga berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Berikut ini rincian dosisnya.

  1. L-carnitine L-tartrate 1000-4000 mg per hari.
  2. Acetyl L-carnitine 400-1000 mg per hari.
  3. Propionyl L-carnitine 400-1000 mg per hari.
  4. L-carnitine 500-2000 mg per hari.

Mengonsumsi carnitine dalam jangka panjang bisa dibilang aman, namun tetap saja ada kemungkinan munculnya efek samping berupa alergi, mual dan muntah, kram perut, diare bau badan dan peningkatan tekanan darah. Maka dari itu, sebelum mengonsumsi suplemen ini Anda harus berkonsultasi dulu kepada dokter.

Cara Kerja Carnitine

Carnitine bekerja dengan cara membawa asam lemak rantai ke dalam mitokondria untuk dibakar sebagai energi yang bermanfaat untuk tubuh dalam beraktivitas. Selain itu, carnitine juga dapat membantu menghilangkan limbah beracun di dalam tubuh supaya tidak menumpuk di dalam mitokondria.

Carnitine adalah salah satu jenis suplemen yang dapat menimbulkan efek samping ringan. Namun juga memiliki beberapa manfaat yang berguna untuk tubuh. Maka dari itu, sebelum mengonsumsi carnitine pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan dokter dan perhatikan dosis yang tepat sesuai petunjuknya.

Dapatkan promo vitamin menarik dengan mengunduh aplikasi Jovee. Unduh melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

.

Categories
Obat

CoQ10 adalah Obat untuk Program Kehamilan, Berikut Penjelasannya

Coq10 adalah

Coenzyme Q10 atau CoQ10 adalah senyawa yang ditemukan pada sel yang ada di dalam tubuh. CoQ10 bertanggung jawab untuk menghasilkan energi dalam tubuh dan dapat meningkatkan kesehatan serta melawan banyak penyakit. Lalu benarkah CoQ10 juga berguna untuk mempercepat program kehamilan? simak penjelasan berikut ini.

Mengenal CoQ10

Coenzyme Q10 bertindak sebagai pembawa pesan dalam unit yang disebut mitokondria, yang merupakan penyimpan energi sel tempat berlangsungnya oksidasi makanan dan menghasilkan energi dari pembakaran/oksidasi. Proses ini biasa disebut respirasi. Jika respirasi dibatasi, tubuh tidak dapat menghasilkan energi yang cukup. Sehingga suplai darah akan terhambat.

Fungsi CoQ10 adalah untuk antioksidan yang dapat memblokir radikal bebas yang bisa merusak sel dan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan adalah zat yang mengikat radikal bebas yang merusak senyawa dalam tubuh, mengubah membran sel, merusak DNA, bahkan bisa menyebabkan kematian sel.

Beberapa manfaat CoQ10 antara lain mencegah penyakit parkinson, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, menstabilkan kolesterol tinggi pada penderita diabetes, dan mencegah pembengkakan pada gusi.

Dalam sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa CoQ10 juga dapat membantu pergerakan sperma pada pria dengan penurunan motilitas sperma. Bagi Anda yang menjalani program kehamilan bersama pasangan Anda, mengonsumsi CoQ10 sangat disarankan karena menurut penelitian, jumlah CoQ10 dalam sperma pria berkorelasi dengan jumlah dan motilitas sperma.

Pengaruh CoQ10 pada Sperma

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Fertility & Sterility pada tahun 2004, meneliti efek dari suplemen CoQ10 terhadap jumlah sperma dari 22 pria yang mengalami masalah kesuburan dan tingkat motilitas sperma yang rendah. Setelah 6 bulan mengonsumsi, jumlah CoQ10 dalam spermanya meningkat dan juga motilitas sperma pria juga meningkat.

Sebuah penelitian di Italia membagi pria tidak subur menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yang menggunakan CoQ10 mengalami peningkatan motilitas sperma yang signifikan, kualitas sperma, yang melipatgandakan kemampuannya untuk melahirkan bayi dibandingkan dengan mereka yang tidak menggunakan CoQ10.

Pengaruh CoQ10 pada Sel Telur

Sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan kalau CoQ10 bisa meningkatkan kualitas sel telur mencit tua. Untuk melindungi sel telur dari radikal bebas, Anda pasti membutuhkan antioksidan dalam jumlah besar. Selain itu, proses ovulasi juga membutuhkan banyak energi. Inilah peran CoQ10 di organ reproduksi wanita.

Selain melindungi sel telur dan sperma dari aksi radikal bebas, CoQ10 juga memberikan energi yang dibutuhkan oleh sel telur dalam proses pematangan dan pembuahan serta proses pembelahan sel embrio.

Jika produksi energi tidak mencukupi, proses pembelahan embrio bisa terganggu dan akhirnya berujung pada keguguran. Selain itu, kurangnya energi juga dapat mempengaruhi kualitas telur dan embrio pada proses kehamilan.

Akibat Kekurangan CoQ10

Produksi CoQ10 yang berkurang juga mengurangi perlindungan telur terhadap radikal bebas. Akibatnya, kualitas dan jumlah telur menurunkan kesuburan wanita. Efek serupa terjadi dengan sperma. Ketika produksi CoQ10 tubuh menurun, kuantitas dan kualitas sperma menurun.

Mengonsumsi suplemen CoQ10 dipercaya dapat mencegah penurunan kualitas dan jumlah sel telur dan sperma karena sifat antioksidannya. Namun konsumsi suplemen ini dapat menyebabkan beberapa efek samping antara lain sakit perut, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, diare, dan reaksi alergi pada beberapa orang.

CoQ10 adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Oleh sebab itu, untuk Anda yang sedang menjalankan program kehamilan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi CoQ10. Namun, perlu diperhatikan juga untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Dapatkan suplemen sesuai kebutuhanmu dengan Jovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Categories
Suplemen

Perhatikan 6 Hal Ini sebelum Memutuskan Konsumsi Suplemen Nutrisi

Suplemen Nutrisi

Produk suplemen saat ini semakin mudah untuk didapatkan. Komposisinya pun semakin lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Namun, konsumsi suplemen juga harus diperhatikan dengan baik agar tidak berdampak buruk. Berikut adalah 6 hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum konsumsi suplemen nutrisi.

1. Fungsi Suplemen

Hal pertama yang sebaiknya diperhatikan adalah fungsi dari suplemen yang akan dikonsumsi. Tentu saja Anda harus mengetahui apa sebenarnya yang Anda konsumsi dan apa fungsinya. Setiap produk suplemen memiliki fungsi masing-masing. Baca dengan teliti sebelum Anda memilih produk yang tepat untuk dikonsumsi.

2. Komposisi

Penting sekali untuk memperhatikan bahan-bahan yang digunakan pada sebuah produk suplemen. Apalagi jika Anda menderita alergi terhadap bahan tertentu. Pastikan bahwa komposisi yang digunakan aman dan bisa dikonsumsi oleh tubuh Anda.

Sebelum membeli dan mengonsumsi produk suplemen, biasakan untuk membaca dengan teliti deskripsi produk. Tidak hanya fungsinya tetapi juga hingga ke detail bahan yang digunakan.

3. Kandungan Nutrisi

Ini menjadi salah satu bagian penting yang harus diperhatikan saat Anda ingin mengonsumsi suplemen nutrisi. Silakan cek kembali kandungan nutrisi yang ada di dalam produk tersebut. Perhatikan juga kadar masing-masing vitamin yang ada di dalam produk suplemen untuk membuat Anda semakin yakin.

Informasi mengenai kandungan nutrisi ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda. Tentu sebelum mengonsumsi suplemen, Anda sudah tahu apa tujuan yang ingin didapatkan. Dari informasi nutrisi tersebut, coba pikirkan apakah sudah mencukupi kebutuhan dan dapat membantu Anda mencapai tujuan yang diharapkan.

4. Pahami Gaya Hidup Anda

Dimulai dari memahami diri sendiri. Sebelum Anda memutuskan untuk minum suplemen, silakan ketahui seperti apa gaya hidup yang selama ini Anda terapkan. Apakah Anda sudah cukup baik mengatur pola makan atau belum. Pahami juga seperti apa makanan yang Anda konsumsi.

Dari sini Anda bisa mengetahui jenis nutrisi apa yang selama ini tidak Anda dapatkan. Ini akan menjadi panduan mudah bagi Anda untuk menentukan produk suplemen seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi.

5. Imbangi dengan Gaya Hidup Sehat

Saat memutuskan untuk konsumsi suplemen, sebaiknya Anda juga memutuskan untuk memulai gaya hidup yang sehat. Konsumsi suplemen akan jadi sia-sia jika Anda tidak mengimbanginya dengan gaya hidup dan pola makan yang baik. Cara ini akan membantu tubuh Anda mendapat nutrisi lengkap dan tetap sehat.

Setelah mulai mengonsumsi suplemen, jangan mengabaikan konsumsi sayur dan buah serta bahan makanan lain. Pemenuhan nutrisi tetap harus dilakukan lewat bahan makanan yang Anda konsumsi.

6. Konsultasi Dokter

Banyak orang merasa mampu memutuskan pilihan konsumsi suplemen dan tidak berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Padahal, konsultasi dengan dokter sangat dianjurkan agar Anda bisa mengetahui kondisi kesehatan dengan lebih jelas. Anda juga bisa mendapat rekomendasi produk suplemen apa yang harus dikonsumsi.

Konsultasi dengan dokter juga sangat penting dilakukan apabila Anda menderita suatu penyakit tertentu. Ibu hamil dan menyusui juga sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu agar konsumsi suplemen tidak berdampak buruk bagi tubuh.

Suplemen nutrisi boleh saja untuk dikonsumsi. Asalkan Anda memang membutuhkannya dan mengonsumsinya sesuai aturan. Pastikan Anda mematuhi dosis yang dianjurkan agar tidak terjadi dampak yang buruk pada tubuh Anda. Selama dilakukan dengan tepat, konsumsi suplemen pasti bisa memberi manfaat bagi tubuh.

Kami dapat membantu memenuhi kebutuhan suplemen Anda. Langsung saja dapatkan aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Categories
Suplemen

Tips Memilih Suplemen Rambut Terbaik sesuai Kebutuhan

Suplemen Rambut

Rambut yang mengalami masalah seperti kerontokkan bisa berisiko buruk karena perlahan-lahan bisa menyebabkan kerontokkan. Kondisi rambut yang tidak sehat ini tentunya membutuhkan perawatan, salah satunya menggunakan suplemen rambut. Berikut tips memilih suplemen untuk rambut yang terbaik sesuai kebutuhan.

1. Perhatikan Kadar Dosis

Ada banyak sekali jenis suplemen yang dijual dipasaran untuk perawatan rambut. Anda tidak bisa sembarangan membeli dan mengonsumsinya karena bukannya bisa membuat rambut menjadi sehat, justru bisa berisiko buruk bagi kesehatan.

Penting sekali untuk memperhatikan kadar dosis dalam satu butir suplemen. Anda harus teliti memperhatikan hal ini sebelum mengonsumsinya karena kelebihan dosis bisa berakibat buruk. Lebih disarankan sebelum mengonsumsi suplemen sebaiknya mencari informasi dahulu terkait dosis di artikel seputar kesehatan rambut atau konsultasi dengan dokter.

2. Ekonomis dan Mudah Dikonsumsi

Suplemen memang dibutuhkan untuk perawatan rambut terlebih jika sudah mengalami kerusakan atau masalah seperti rontok. Hanya saja dalam memilih suplemen Anda perlu memperhatikan harga yang ekonomis dan cara konsumsinya mudah untuk dilakukan secara rutin.

Hal ini penting karena mengingat khasiat dari suplemen yang tidak instan jadi perlu rutin mengonsumsinya agar hasil perawatan bisa terlihat maksimal. Jumlah konsumsi yang disarankan sebaiknya memilih suplemen dengan jumlah konsumsi sedikit per harinya seperti satu kali sehari agar Anda tidak melewatkan jadwal minum suplemennya.

3. Formulasi Kandungan Para Ahli

Anda tidak boleh sembarangan memilih suplemen rambut karena ini akan dikonsumsi masuk ke dalam tubuh. Jangan sampai gara-gara rambut Anda mengabaikan keselamatan organ tubuh lainnya. Tips yang perlu diterapkan selanjutnya adalah memilih suplemen dengan formulasi kandungan dari para ahli.

Lihat di bagian kemasan atau spesifikasi produk jika membeli secara online. Pastikan ada hasil formulasi dari dokter kulit yang tentunya lebih paham untuk mengatasi masalah rambut. Jika Anda tidak menemukan informasi produk ini sebaiknya beralih ke produk suplemen yang lain saja demi menjaga  kesehatan. Disarankan juga memilih formulasi tanpa perbedaan gender.

4. Komposisi Bahan Alami dan Aman

Anda harus hati-hati dan cermat dalam memilih suplemen untuk dikonsumsi. Perhatikan bagian komposisi suplemen jangan sampai ada kandungan yang berbahaya bagi kesehatan. Disarankan untuk memilih suplemen dari bahan alami tanpa adanya kandungan bahan sintetis.

Lihat di bagian pewarna dan perasa buatannya pastikan tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya. Salah satu komposisi suplemen yang harus dihindari adalah mengandung aditif sintetik, gelatin, dan agen bulking. Tips melihat komposisi suplemen ini jangan sampai dilewatkan karena bisa berisiko buruk bagi kesehatan.

5. Kandungan Nutrisi

Tips selanjutnya dalam memilih suplemen untuk rambut adalah memperhatikan kandungan nutrisinya sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda mengalami masalah rambut rontok pilihlah suplemen dengan kandungan zinc yang sangat dibutuhkan rambut. Nutrisi lainnya yang dibutuhkan rambut seperti vitamin C.

6. Rekomendasi dan Penilaian

Tips memilih suplemen untuk rambutnya yang juga perlu dilakukan adalah melihat dari seberapa banyak yang merekomendasikannya. Anda bisa mendapatkan informasi ini dari situs terpercaya yang membahas tentang kesehatan.

Ada rekomendasi produk dari situs tersebut yang bisa menjadi referensi untuk memilih suplemen terbaik. Selain itu bisa juga melihat dari penilaian konsumen lainnya tentang produk tersebut biasanya dengan tanda bintang di toko yang menjualnya.

Suplemen rambut bisa membantu Anda mengatasi berbagai masalah pada rambut dengan bertahap. Jovee dapat membantu memenuhi kebutuhan suplemen mu. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store sekarang. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Categories
Obat

Aturan Pakai dan Dosis Pemirolast K untuk Mengatasi Alergi

Dosis Pemirolast K

Reaksi alergi yang muncul pada bagian mata bisa diatasi dengan obat Pemirolast K. Obat ini merupakan jenis anti alergi yang digunakan sebagai tetes mata dan akan menghambat pertumbuhan gejala alergi. Berikut adalah aturan pakai serta dosis Pemirolast K yang dianjurkan untuk mengobati masalah alergi.

1. Periksa Aturan Pakai

Sebelum menggunakan obat ini, periksa kembali aturan pakainya yang sudah tertera di bagian kemasan produk. Patuhi juga petunjuk dokter untuk memastikan bahwa pemakaian obat sudah dilakukan dengan cara yang aman dan benar. Dua prinsip ini sangat penting untuk diterapkan saat Anda akan memakai sebuah obat.

2. Jaga Kebersihan

Pemakaian obat harus dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan kondisi kebersihan kedua tangan. Cuci bersih kedua tangan Anda saat akan menggunakan obat tetes mata ini. Pastikan untuk tidak menyentuh bagian pipet yang akan menjadi jalan keluarnya obat saat diteteskan.

Setelah obat selesai digunakan, tutup kembali dengan rapat dan simpan di tempat yang aman. Penyimpanan obat bisa dilakukan di suhu ruang, terhindar dari sinar matahari, dan tidak lembap. Cuci kembali kedua tangan hingga bersih sebelum memulai aktivitas lainnya.

3. Memasukkan Obat

Pada dasarnya pemakaian obat tetes mataPemirolast K cukup mudah selama Anda mengetahui teknik yang tepat. Silakan dongakkan kepala Anda lalu tarik bagian bawah kelopak mata sehingga membentuk sebuah kantung kecil. Arahkan pipet ke kantung tersebut kemudian tekan hingga cairan di dalamnya menetes masuk ke mata.

Pejamkan mata selama 2 hingga 3 menit dan kembalikan kepala ke posisi semula. Sebaiknya Anda tidak berkedip terlebih dahulu untuk memastikan obat masuk dengan baik.

4. Dosis Pemakaian

Penting sekali untuk membaca dengan teliti dosis pemakaian obat yang dianjurkan. Pada kemasan sudah tertera dengan jelas berapa banyak dosis yang diperlukan. Anda juga bisa memastikan dengan berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu mengenai dosis yang perlu digunakan.

Biasanya, dosis Pemirolast K pada orang dewasa adalah 1-2 tetes sebanyak 4 kali dalam sehari. Sementara itu pemakaian obat ini pada anak-anak perlu dikonsultasikan dengan dokter. Tidak dianjurkan untuk menggunakan obat ini pada anak-anak di bawah 3 tahun.

5. Jeda Waktu

Jika Anda menggunakan dosis lebih dari satu tetes obat, maka penting sekali untuk memberikan jeda waktu. Berikan jeda paling tidak 3 hingga 5 menit antara tetes pertama ke tes berikutnya.

Sementara itu, jika Anda menggunakan kontak lensa sebaiknya dilepaskan terlebih dahulu saat memakai obat. Obat ini memiliki kandungan yang bisa terserap oleh kontak lensa. Pemakaian kontak lensa bisa dilakukan 10 menit setelah pemakaian obat. Namun, disarankan untuk tidak memakai kontak lensa dulu selama pengobatan.

6. Perhatikan Reaksi Obat

Selain menggunakan obat dengan cara yang tepat, jangan lupa untuk memperhatikan reaksi setelah pemakaian. Banyak sekali efek samping yang bisa terjadi akibat penggunaan obat anti alergi ini. Waspadai jika muncul reaksi yang berbahaya seperti sensasi terbakar, mata kering, demam, sinusitis, dan lain sebagainya.

Konsultasikan setiap reaksi alergi yang muncul kepada dokter Anda. Pemakaian obat bisa dihentikan untuk sementara agar efek samping yang muncul tidak berkembang menjadi lebih buruk.

Itulah tadi aturan pakai serta dosis Pemirolast K. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa pemakaian obat sudah sesuai dengan kondisi kesehatan. Pembelian obat bisa dilakukan di apotek dan penggunaan harus dilakukan sesuai aturan.

Beli obat tanpa perlu antre di apotek dengan Lifepack. Unduh aplikasi Lifepack lewat Google Play Store dan App Store sekarang.