Categories
Kesehatan Obat

Inilah Obat Radang Tenggorokan Alami yang Dapat Diperoleh Di Rumah

Sakit tenggorokan adalah satu hal yang sangat mengganggu sekali. Biasanya, sakit tenggorokan muncul sebagai pertanda awal dari pilek, flu, atau bisa jadi efek samping dari pita suara yang menegang. Parahnya lagi, rasa sakit ini bisa jadi indikasi dari sesuatu yang lebih serius yaitu radang tenggorokan. Apapun itu penyebabnya, tentu Anda segera ingin terlepas dari rasa sakit tenggorokan bukan?

baca juga: Apa itu Ibuprofen?

Sebab, rasa sakit ini sangat membuat tidak nyaman. Mungkin, Anda ingin segera ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Namun, ternyata radang tenggorokan ini bisa diobati dengan obat sakit tenggorokan alami di rumah. Yuk cari tahu obat radang tenggorokan alami apa saja yang dapat Anda coba!

Kumur Air Garam

Salah satu cara efektif untuk mengobat sakit tenggorokan adalah dengan berkumur dengan air garam hangat. Cara ini terbukti ampuh untuk meredakan nyeri dan rasa panas dari sakit tenggorokan. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan, berkumur dengan air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan, mencairkan lendir, membantu membilas bakteri, serta mengatasi penyebab iritasi lain sehingga meringankan ketidaknyamanan Anda saat menelan.

Anda dapat membuat ramuan air garam alami ini dengan mencampur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduklah hingga garam larut dengan air, lalu kumurlah beberapa detik. Keluarkan dan ulangi berkumur air garam beberapa kali sepanjang hari. Tentu saja rasanya akan sangat asin tak tertahankan. Jika tidak kuat, Anda bisa campurkan sedikit madu untuk menetralkan rasa asinnya. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal ya!

Penuhi Cairan Tubuh 

Jika Anda sedang mengalami sakit tenggorokan, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak cairan untuk meringankan rasa sakinya. Ya, menjaga asupan cairan tubuh seimbang adalah bagian penting dari obat sakit tenggorokan yang alami. Sebab, apabila Anda kekurangan cairan, maka tubuh tidak dapat menghasilkan air liur dan lendir yang cukup guna menjaga tenggorokan tetap lembab. Jika hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan pembengkakan dan peradangan jadi lebih buruk.

Disisi lain, Anda harus tetap mengonsumsi cairan yang banyak supaya urin berwarna kuning terang atau jernih. Hal ini akan membuat selaput lendir tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri penyebab iritasi, seperti alergen. Kondisi ini juga akan membuat sistem kekebalan jauh lebih efektif dalam memerangi gejala pilek, flu, dan lainnya. 

Oleh karena itu, perbanyak minum air putih untuk mengatasi radang tenggorokan alami yang terbaik. Namun, Anda juga bisa menggantinya dengan teh jahe madu hangat, teh hijau tawar hangat, atau bisa juga sup ayam lezat. Ketahuilah, kandungan sodium dalam sup ayam mampu bertindak sebagai obat anti peradangan. Selain itu, mengonsumsi sesuatu saat sakit tenggorokan pasti akan lebih menyulitkan. Jadi, mengonsumsi nutrisi cair dapat membantu Anda memenuhi nutrisi yang cukup untuk melawan penyakit Anda.

Istirahat

Mungkin, langkah ini terdengar sepele. Namun, jika diabaikan tidak membuat radang tenggorokan berangsur sembuh. Cobalah untuk beristirahat yang cukup untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan demikian, Anda bisa cepat sembuh. Tak lupa, istirahatkan suara Anda untuk obat alami sakit tenggorokan.

Itulah beberapa obat alami radang tenggorokan yang bisa Anda coba. Jika dirasa sudah tidak tahan, Anda bisa mendapatkan perawatan dari dokter atau memperoleh obat dari apotek. Jangan lupa, lakukan beberapa upaya pencegahan supaya radang tenggorokan tidak muncul lagi.

Categories
Obat

Kenali Manfaat Obat Ibuprofen, Efek Samping, dan Dosis yang Dianjurkan

Saat membuka kotak P3K yang ada dikantor ataupun dirumah, pasti Anda pernah melihat ada obat ibuprofen didalamnya. Tahukah Anda apakah manfaat obat ini? Ibuprofen adalah obat yang berfungsi meredakan nyeri karena berbagai kondisi seperti sakit kepala, sakit gigi, sakit punggung, nyeri haid, nyeri otot, asam urat, arthritis, hingga peradangan lain yang ada ditubuh. Obat ini juga sering dikonsumsi untuk menurunkan demam dan meredakan nyeri ringan akibat pilek atau flu. Obat ini termasuk golongan NSAID dan bekerja dengan cara menghalangi produksi zat alami dalam tubuh yang menyebabkan peradangan itu sendiri. 

Secara ilmiah, menurut Lifepack, ketika seseorang merasakan nyeri, tubuh akan menghasilkan zat kimiawi berupa protaglandin yang menyebabkan rasa nyeri tersebut. Nah, tugas ibuprofein menghentikan produk prostaglandin sehingga rasa nyeri menghilang. Yuk cari tahu bagaimana cara minum obat ibuprofen dengan benar berikut.

Aturan Minum Obat Ibuprofen

Sebelum mengonsumsi obat ini, sebaiknya bacalah panduan obat dan brosur informasi pasien yang disediakan oleh apotek. Apabila ada pertanyaan, segera tanyakan pada dokter atau apoteker. Aturan obat ini sebaiknya diminum setiap 4-6 jam dengan segelas air (240ml), kecuali jika dokter menganjurkan aturan yang berbeda. Jangan berbaring usai minum obat ini selama minimal 10 menit. Apabila Anda merasa sakit perut saat mengonsumsi obat ini, barengilah dengan makanan, susu, atau antasida. Untuk dosis, ikutilah aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker. Namun, jika Anda mengonsumsi ibuprofen nonresep, segera konsultasikan ke dokter jika demam tidak kunjung turun selama 3 hari dan rasa nyeri tidak reda selama lebih dari 10 hari.

Dosis Ibuprofen

Perlu diperhatikan bahwa dosis ini bukanlah pengganti dari nasihat yang diberikan oleh dokter. Pastikan selalu konsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan dengan ibuprofen. 

Untuk orang dewasa, dosis ibuprofen yang dianjurkan untuk mengatasi nyeri haid adalah 200-400 mg secara oral setiap 4-6 jam sesuai kebutuhan. Sementara, untuk meredakan demam, secara oral diperlukan 200-400 mg ibuprofen setiap 4-6 jam sesuai kebutuhan. Dosis ibuprofen untuk merdakan demam melalui infus adalah 400mg selama 30 menit diawal. Kemudian, dosis lanjutan sebesar 400 mg setiap 4-6 jam atau sebesar 100-200 mg setiap 4 jam sesuai kebutuhan. Dosis akan berbeda lagi untuk anak-anak.

Efek Samping Ibuprofen

Sebagian besar obat-obatan pasti menimbulkan efek samping, termasuk ibuprofen. Apa sajakah efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh obat ibuprofen? Berikut ini adalah efek samping yang umum terjadi dan bersifat ringan, diantaranya sakit perut, maag, diare, sembelit, kembung, pusing, sakit kepala, gugup, gatal atau ruam, dan telinga berdenging.

Perlu Anda perhatikan pula bahwa ada risiko reaksi alergi obat oleh antalgin. Jika Anda merasa gatal-gatal, ruam kulit parah, kesulitan bernapas, hingga bengkak diarea bibir, wajah, lidah, atau tenggorokan, segera cari bantuan tenaga medis.

Namun, jika Anda mengalami efek samping serius seperti nyeri dada, lemas, sesak, hilang keseimbangan, feses berwarna hitam atau berdarah, berat badan naik, kesulitan buang air kecil, mual, demam, memar, hingga sakit kepala berat, segera hentikan penggunaan obat ibuprofen dan hubungi dokter. Tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Akan tetapi, jika Anda merasakan kekhawatiran terkait efek samping tertentu, lebih baik konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda. 

Mengingat betapa riskannya pengaruh obat ini terhadap tubuh, sebaiknya selalu konsultasikan kepada pihak medis sebelum mengonsumsinya ya!

Categories
Penyakit

Waspadai! Begini Cara Penyebaran Bakteri Difteri

Penyebaran bakteri difteri memang membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin. Hal ini dikarenakan apabila tidak segera mendapatkan penanganan medis yang tepat, dapat menimbulkan dampak yang fatal, salah satunya yaitu terjadinya kematian. Ketika penanganan medis dilakukan, maka dokter akan memberikan pengobatan secara khusus. Tujuannnya supaya infeksi dan bakteri dapat dibasmi sekaligus menghilangkan racun.

baca juga: Tips Memilih Dokter Gigi di Bandung

Perlu diketahui dengan baik bahwa untuk penyakit yang satu ini disebabkan karena adanya infeksi bakteri yang telah memproduksi adanya racun berbahaya. Penyakit jenis ini mempunyai gejala yang khas dan bisa dibedakan dari jenis penyakit yang lainnya. Gejala yang mudah dikenali yaitu adanya kehadiran pseudomembran yang pada biasanya akan menempel pada bagian tenggorokan, amandel, bahkan di bagian hidung.

Pseudomembran adalah selaput yang tebal dengan warna abu-abu. Pada bagian teksturnya memang sangat halus, yaitu seperti lendir. Selain itu pseudomembran juga dapat menempel keras di bagian lapisan bawahnya. Untuk lapisan tersebutlah yang bisa saja menghalangi adanya aliran udara yang terdapat pada saluran pernafasan. Oleh karena itu difteri seringkali menimbulkan penderita mengalami kesulitan menelan makanan dan kesulitan bernafas.

Cara Penyebaran Difteri

Bakteri Difteri bisa saja menimbulkan pembengkakan yang terdapat pada bagian leher dan terjadi di saluran pernafasan paling atas. Secara umum dokter bisa mengidentifikasi penyakit tersebut dengan 2 gejala khas. Dalam mengatasinya penyakit menular ini, dokter akan melakukan diagnosis dengan cara melalui pemeriksaan secara fisik maupun sampel pada kultur melalui laboratorium terlebih dahulu. 

Tindakan pengobatan yang secara umum dilakukan oleh petugas medis atau dokter yaitu seperti memberikan bantuan pernafasan melalui alat bantu pernafasan, memberikan antibiotik, serta memberikan obat Difteri yang berupa antitoksin. Supaya Anda dapat terhindarkan dari adanya penyebaran bakteri Difteri, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, yaitu mengenai bagaimana cara penyebaran bakteri Difteri, seperti berikut ini:

  1. Melalui Tetesan Udara

Pada saat bersin atau batuk difteri dapat ditularkan, terutama diri seseorang yang sudah terinfeksi bakteri. Batuk dan bersin dapat melepaskan udara pada tetesan yang terkontaminasi. sehingga orang yang berada di dekatnya dan menghirupnya maka bisa tertular penyakit. Difteri bisa saja menyebar melalui cara ini. Terlebih lagi ketika diri seseorang berada dalam kondisi yang tidak sehat atau di ruangan yang penuh.

  1. Barang yang Terkontaminasi

Selain melalui batuk dan bersin, penyakit atau penyebaran bakteri juga bisa terjadi melalui barang yang terkontaminasi, Apabila seseorang memegang barang yang terkontaminasi, baik itu dari segi minuman atau makanan maupun barang pribadi yang lainnya. Hal ini sekresi pada saraf bakteri dapat tersimpan, sehingga penyebaran bakteri tersebut dapat menularkan ke orang lain yang memegang barang tersebut.

  1. Bersentuhan

Penyebaran selanjutnya yang bisa menularkan bakteri difteri yaitu melalui sentuhan. Terlebih lagi apabila penderita memiliki luka terbuka atau seperti lesi kulit, maka hal ini lebih memudahkan orang lain mengalami penyebaran bakteri. Untuk itu disarankan Anda untuk lebih berhati-hati supaya penyebaran bakteri Difteri tidak Anda alami. Selain bersentuhan pada luka, ternyata menyentuh pakaian yang terkena luka terbuka juga beresiko adanya penyebaran bakteri Difteri.

Apabila pasien sudah menunjukkan gejala-gejala yang parah, maka dokter akan memberikan penanganan yang tepat sambil menunggu hasil dari diagnosis laboratorium. Pada masa pengobatan tersebut bisa dilakukan untuk mencegah adanya komplikasi Difteri secara serius. Apabila tidak ditangani dengan pengobatan yang tepat, maka dapat menimbulkan kerusakan beberapa organ tubuh seperti Jantung, ginjal, maupun sistem saraf.

Categories
Dokter

Ciri Dokter Gigi Bandung yang Terpercaya

Memperhatikan dari segi kesehatan memang sangat perlu dilakukan, terutama pada bagian yang sering kali mengalami rasa sakit. Demi menjaga kesehatan mulut dan gigi, maka diri seseorang dianjurkan untuk datang ke dokter gigi secara rutin untuk melakukan perawatan. Bagi Anda yang berdomisili di Bandung, tentunya tidak akan mengalami kesulitan dalam menemukan dokter gigi Bandung yang terbaik dan legal.

Ada banyak sekali klinik gigi yang bisa Anda jumpai, sehingga hal ini seringkali membuat diri seseorang mengalami kebingungan. Terutama dalam menentukan dokter gigi yang sekiranya direkomendasikan dan terpercaya. Ada satu hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik supaya Anda tidak salah dalam menentukan pilihan dokter gigi di Bandung. Salah satunya yaitu memastikan bahwa dokter gigi tersebut legal.

Ciri Praktek Dokter Gigi yang Legal

Sangat disayangkan sekali apabila Anda salah dalam menentukan pilihan dokter praktek. Hal ini seringkali membuat diri seseorang harus waspada pada saat mencari dokter praktek. Terlebih lagi banyaknya oknum yang tidak bertanggung jawab dan sudah beredar di internet. Supaya Anda tidak salah dalam menentukan pilihan, maka berikut ini ciri praktek dokter gigi yang legal:

  1. Mempunyai Surat Izin

Ciri pertama yang memberikan tanda bahwa dokter gigi yang praktek tersebut adalah legal yaitu mempunyai Surat Izin Praktek. Untuk mengetahui apakah dokter tersebut sudah mempunyai izin praktek atau belum Anda dapat melakukan pengecekannya melalui portal Konsil kedokteran Indonesia. Anda bisa melakukan pengecekan secara langsung untuk bisa memastikan bahwa praktek dokter tersebut benar-benar resmi atau legal.

Sangat disayangkan sekali apabila pelayanan yang ditawarkan lengkap dan secanggih apapun peralatan yang ada di sana. Namun apabila tidak mempunyai surat izin tentunya hal ini tidak dapat dijadikan sebagai jaminan. Untuk izin dokter terbagi menjadi dua, yaitu STR atau Surat Tanda Registrasi dan SIP atau Surat Izin Praktek. Untuk keduanya tersebut telah diatur pada Undang-Undang UUPK Tahun 2004 nomor 29 yang menyangkut mengenai praktik kedokteran.

  1. Surat Izin Pengoperasian Klinik

Ciri kedua yang bisa Anda lihat yaitu dari segi surat izin pengoperasian klinik. Surat izin ini pada biasanya terletak di bagian meja resepsionis. Bisa juga dipajang pada bagian ruang depan klinik. Untuk bisa memastikannya, Anda pun bisa bertanya secara langsung pada pihak petugas. Sehingga Anda tidak perlu takut untuk menanyakan kebenarannya, karena hal ini memang telah diatur pada bagian Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 9 Tahun 2014.

Tindakan yang dilakukan dokter maupun tim medis akan dikatakan aman dan legal apabila klinik tersebut sudah memiliki surat izin pengoperasian. Selain itu dokter yang menanganinya juga telah mempunyai surat izin praktek. Dengan hal ini maka lebih meyakinkan diri Anda ketika datang ke klinik gigi.

  1. Pengelolaan Limbah

Anda sebagai pasien pantas mempertanyakan mengenai limbah. Apabila klinik belum dapat mengelola limbahnya atau pembuangan limbah dilakukan secara sembarangan, maka hal ini bisa dikatakan bahwa klinik tersebut belum legal. Sementara untuk kebersihan dan kesehatan menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sebab itulah penilaian pada sebuah praktek dokter gigi bisa dilihat dari segi pengelolaan limbahnya, apakah layak atau tidak.

Beberapa langkah yang ada di atas bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk menemukan klinik dokter gigi. Tujuannya yaitu supaya Anda benar-benar menemukan klinik yang terpercaya dan resmi. Dengan begitu maka pasien akan lebih yakin untuk melakukan perawatan pada gigi. Tanpa memperhatikan beberapa hal diatas Anda akan sulit menemukan dokter praktek gigi yang terpercaya.

Categories
Uncategorized

Hello world!

Welcome to WordPress. This is your first post. Edit or delete it, then start writing!