Categories
Penyakit

9 Gejala Virus Corona yang Harus Diwaspadai

Gejala Virus Corona

Pandemi corona belum menunjukan tanda-tanda mereda dan masih mengancam dunia. Ada beberapa gejala virus corona misalnya muncul batuk kering, sesak nafas, demam, sakit otot dan sakit tenggorokan. Namun, tak hanya itu saja ada beberapa gejala corona yang lain. Berikut ini adalah beberapa gejala yang disebabkan oleh corona.

 1. Silent Hypoxia

Gejala corona yang satu ini sangat mengejutkan bagi sebagian dokter yang sudah berpengalaman puluhan tahun. Silent hypoxia membuat pasien positif corona menderita infeksi paru-paru kronis dengan tingkat oksigen yang sangat renda.

Namun, pasien tidak mengalami masalah pernafasan sama sekali. Kebanyakan pasien yang mengalami silent hypoxia sebelumnya memiliki gejala demam, batuk dan kelelahan tapi nafas mereka menjadi pendek. 

2. Masalah Pencernaan

Banyak pasien yang positif virus corona tidak mengalami gejala pernafasan sama sekali. Namun, pasien justru menderita gejala gastrointestinal seperti diare, mual dan muntah dan tidak disertai dengan demam. Biasanya pasien yang mengalami masalah pencernaan terlambat mendapatkan uji corona dibandingkan dengan pasien yang mengalami sesak nafas.

3. Kehilangan Bau dan Rasa

Gejala virus corona yang mungkin muncul juga adalah hilangnya kemampuan mencium bau dan rasa. Anosmia atau kehilangan penciuman biasanya dialami beberapa pasien dengan tingkatan kasus ringan hingga sedang. Gejala ini dapat membuat pasien corona mengalami penurunan nafsu makan. 

4. Kelelahan

Kelelahan ekstrim juga bisa menjadi tanda awal virus corona. Hampir 40 persen dari 6.000 orang yang positif corona mengaku mengalami kelelahan dan bisa berlanjut lama setelah virus hilang. Bahkan beberapa orang yang telah pulih dari corona juga mengaku masih merasa kelelahan dan kekurangan energi. 

5. Kebingungan Parah

Selain kelelahan, pada beberapa orang terutama lansia juga ditemukan gejala baru seperti disorientasi dan kebingungan parah. Kondisi ini biasanya disertai dengan demam dan masalah pencernaan. Ahli menyebutkan gejala ini bisa muncul mungkin disebabkan oleh silent hypoxia karena suplai oksigen di otak rendah.

6. Mata Merah

Peneliti mengatakan beberapa persen penderita corona juga mengalami gejala mata merah atau konjungtivitis. Jika hal ini terjadi, maka pasien sudah ada potensi untuk menularkan virus corona ke orang lain. Mata merah pada penderita corona terjadi akibat adanya virus pada lapisan jaringan tipis dan transparan yang menutupi bagian putih mata. Konjungtivitis perlu dicurigai jika ada tanda corona lain seperti demam, batuk dan sesak nafas.

7. Menggigil dan Tubuh Terasa Sakit

Beberapa orang yang menderita corona mengatakan merasa menggigil dan tubuhnya terasa sakit serta demam tinggi saat malam hari. Namun, tidak semua orang yang menderita corona tidak selalu mengalami reaksi parah dan tidak merasakan sakit apapun. 

8. Batuk Kering

Batuk kering juga merupakan gejala yang sering terjadi pada pasien corona. Namun, batuk yang muncul pada pasien corona bukan batuk biasa tapi batuk yang sangat mengganggu. Batuk pada pasien corona seolah berasal dari sesuatu yang jauh di dalam dada. 

9. Nafas Sesak

Sesak nafas adalah gejala umum yang sering muncul apabila penyakit mencapai tahap serius dan bisa terjadi tanpa diiringi dengan batuk. Apabila penderita covid merasakan dada seperti diikat atau mulai merasa kesulitan untuk bernafas maka harus dilakukan tindakan yang tepat.

Ada beberapa tanda-tanda darurat lain yang terjadi pada pasien positif seperti rasa sakit terus menerus atau tekanan di dada. Bibir dan wajah menjadi kebiruan karena mengalami kekurangan oksigen.

Itulah beberapa gejala virus corona yang harus Anda waspadai. Pastikan Anda melakukan protokol kesehatan yang tepat dan benar untuk menghindarkan diri dari virus corona. Jangan lupa gunakan masker dan jaga jarak saat Anda harus bepergian keluar rumah.

Ingin mendapat tips menarik mengenai gaya hidup sehat? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee untuk melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *