Categories
Kesehatan

8 Sumber Makanan Vitamin C untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

sumber makanan vitamin c

Siapa yang tidak mengenal jeruk sebagai sumber vitamin C terbaik? Terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C tak hanya terdapat pada jeruk, ada beberapa jenis buah dan sayuran lainnya yang tak kalah tinggi kandungannya. Nah ini dia beberapa sumber makanan vitamin C yang baik untuk memenuhi asupan vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh. 

1. Jambu Biji

Buah tropis yang satu ini ternyata mampu mengungguli jeruk dalam hal asupan vitamin C. Setiap satu buah jambu biji rata-rata mengandung 126 mg vitamin C. Selain vitamin C jambu biji juga kaya akan kandungan antioksidan lycopene. Sebuah penelitian menunjukkan rutin mengonsumsi jambu biji secara signifikan mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol

2. Kale

Jenis sayuran yang satu ini juga mengandung vitamin C yang tak kalah tinggi dari jeruk.  setiap satu porsi terkandung kurang lebih mengandung 80 mg vitamin C. Selain vitamin C, sayur Kale juga kaya akan kandungan vitamin K, karotenoid, lutein dan zeaxanthin. Jadi tak ada salahnya memasukkan sayuran kale ke menu masakan Anda guna menambah asupan vitamin C untuk tubuh. 

3. Kiwi

Dibalik rasanya yang segar, buah kiwi juga kaya akan vitamin C. Kiwi mengandung 71 mg vitamin C atau setara dengan 79% kebutuhan vitamin C harian. Sebuah penelitian menunjukkan kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga bisa membantu mengurangi stres oksidatif dan menurunkan kolesterol. Tak hanya enak, ternyata buah kiwi jua memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 

4. Brokoli

Brokoli juga merupakan sumber makanan vitamin C. Brokoli sering disebut sayuran super karena memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Sayur brokoli mengandung 51 mg vitamin C atau setara dengan 51% kebutuhan harian. Sejumlah penelitian juga membuktikan adanya hubungan antara rutin mengkonsumsi brokoli dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung. 

5. Leci

Buah menyegarkan yang satu ini ternyata juga kaya akan kandungan vitamin C yakni hampir 7 mg atau setara dengan 7,5% kebutuhan harian vitamin C. Tak hanya itu vitamin C saja, buah Leci juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6. Kandungan zat yang satu ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak jantung dan pembuluh darah. 

6. Pepaya

Sering ditemukan di sekitar, ternyata buah pepaya juga kaya akan kandungan vitamin C. Setiap porsi buah pepaya mengandung sekitar 87 mg vitamin C atau setara dengan 97% dari kebutuhan harian. Sebuah penelitian juga menunjukkan pada penderita alzheimer bahwa buah pepaya bermanfaat untuk mengurangi peradangan hingga 40% dalam stres oksidatif selama 6 bulan. 

7. Stroberi

Stoberi juga buah yang kaya akan vitamin C. Setiap 150 gram buah stroberi mengandung 89 mg vitamin C atau setara dengan 99% dari kebutuhan harian. Selain itu terus hari juga mengandung mangan flavonoid dan antioksidan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Stroberi juga mampu membantu mencegah penyakit kanker, penyakit pembuluh darah, demensia, dan diabetes. 

8. Kangkung

Sekian mengandung dua kali lipat asupan vitamin A dan tujuh kali jumlah vitamin K yang direkomendasikan, kangkung juga  kaya akan asupan vitamin C. Sayur kangkung mengandung 80,4 mg vitamin C. Sekian itu, sayur kangkung juga mengandung mineral dan asam lemak yang tinggi. 

Itu dia beberapa sumber makanan vitamin C yang bisa anda pilih. Kini Anda tak perlu bingung lagi memilih makanan apa yang kaya akan kandungan vitamin C. Selain jeruk, Anda juga bisa memilih beberapa jenis makanan di atas untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian. Jadi jenis makanan mana nih yang akan Anda pilih kali ini? 

Ingin tahu apakah gaya hidup Anda sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee Anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *