Categories
Penyakit

8 Penyebab Serangan Jantung di Usia Muda yang Sering Disepelekan

Serangan jantung bisa terjadi ketika aliran darah yang mengalir ke jantung tersumbat. Penyumbatan pembuluh darah di area jantung dapat terjadi akibat penumpukan lemak kolesterol dan zat lainnya yang membentuk plak di arteri. Plak tersebut pecah dan membentuk gumpalan. Berikut beberapa penyebab serangan jantung yang umum terjadi. 

1. Melakukan Aktivitas Fisik yang Berat

Melakukan berbagai aktivitas berat pada orang yang pembuluh darahnya bermasalah ternyata dapat memicu terjadinya serangan jantung. Namun jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak berolahraga ya. Pasalnya olahraga ringan dan teratur terbukti efektif untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya. Mulai dari kanker, stroke, diabetes, hingga jantung. 

2. Emosi atau Marah

Adu argumen,  perseteruan dan debat juga bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya serangan jantung. Sebuah studi membuktikan orang marah berpotensi mengalami serangan jantung 9 hingga 14 kali lipat selama 2 jam saat marah. Tak hanya itu saja marah juga bisa mengacaukan kinerja alat pemacu jantung pada penerima gangguan Irama jantung. 

3. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi yang terjadi di usia muda akibat pola makan yang tidak sehat juga menjadi penyebab serangan jantung. Hal ini disebabkan karena sering mengonsumsi makanan tinggi garam dan tinggi lemak. Jika dibiarkan organ jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah keseluruhan tubuh. Kondisi ini bisa meningkatkan terjadinya risiko serangan jantung. 

4. Kolesterol Tinggi

Saat ini ada banyak sekali makanan cepat saji dan makanan olahan tinggi lemak jenuh yang beredar di pasaran. Kolesterol tinggi dalam darah bisa menyebabkan penumpukan plak pada dinding arteri termasuk Arteri koroner. Hal ini menyebabkan pasokan darah ke jantung menjadi berkurang dan meningkatkan risiko serangan jantung di usia muda. 

5. Diabetes 

Kadar gula yang tinggi dalam darah juga bisa merusak pembuluh darah dan sel-sel saraf di seluruh tubuh. Kondisi ini juga bisa menyebabkan otot jantung tidak mendapatkan pasokan darah sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Umumnya faktor utama penyebab diabetes di usia muda adalah resistensi insulin. Kondisi ini terjadi ketika respons sel tubuh terhadap insulin terganggu. 

6. Merokok

Merokok baik itu aktif maupun pasif juga meningkatkan risiko terkena serangan jantung di usia muda. Kandungan nikotin dalam rokok mampu meningkatkan tekan tekanan darah, mempercepat detak jantung, memicu penumpukan plak dan mengurangi asupan oksigen jantung. Jika terjadi secara terus-menerus hal ini bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung di usia muda. 

7. Stres

Stres bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia. Ketika stres Anda tentu akan mengabaikan kesehatan tubuh. Tak hanya itu stres juga ikut memicu peningkatan tekanan darah dan menurunkan kolesterol baik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Jadi penting bagi Anda untuk selalu menjaga suasana hati agar terhindar dari masalah serangan jantung. 

8. Faktor genetik

Sebenarnya ada banyak sekali penyakit yang bisa diturunkan di keluarga. Mulai dari hipertensi, diabetes tipe 1,trombofilia dan hiperkolesterolemia. Beberapa hal tersebut membuat seseorang memiliki risiko terkena penyakit serangan jantung di usia muda lebih tinggi. Jadi Apabila penyakit tersebut tidak dikendalikan maka risiko terjadinya serangan jantung juga akan ikut meningkat

Itu dia beberapa penyebab serangan jantung di usia muda yang patut untuk Anda waspadai. Mulai dari gaya hidup, kondisi kesehatan tertentu, hingga riwayat keluarga. Penting bagi Anda untuk mengetahui penyebabnya untuk membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung di usia muda. Jadi pastikan untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat dari sekarang. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *