Categories
Kesehatan

7 Rekomendasi Makanan untuk Menjaga Tensi Darah Normal

Tensi Darah Normal

Untuk menjaga tekanan darah normal Anda dapat mengonsumsi makanan sehat dan menerapkan gaya hidup yang sehat. Apapun makanan yang Anda konsumsi setiap hari akan memberikan dampak bagi kesehatan jantung. Berikut ini adalah beberapa makanan untuk menjaga tensi dara normal.

1. Buah                                    

Seperti halnya sayuran, buah adalah sumber kaya kalium, magnesium, dan serat. Tambahkan buah dalam asupan harian. Contohnya, buah beri ke dalam sajian yoghurt lalu beri toping dengan kacang-kacangan. Anda bisa menyisipkan buah-buahan tersebut sebagai makanan penutup, sehingga gizi yang diterima tubuh bisa lebih lengkap.

Kombinasi ini dapat menjadi makanan selingan ataupun camilan sebelum menyantap makan siang atau makan malam. Hindari buah kalengan yang umumnya sudah ada tambahan garam ataupun gula. Ini hanya akan merusak pola makan sehat untuk menjaga tekanan darah supaya tetap normal. Anda bisa membuatnya menjadi jus, salad ataupun dimakan secara langsung.

2. Gandum Utuh

Makanan untuk menjaga tensi darah normal selanjutnya adalah gandum utuh. Mengonsumsi asupan tinggi gandum dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 30 persen. Pilihlah versi whole grain, tetapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan ukuran porsi yang dimakan.

3. Susu Rendah Lemak

Menggabungkan pola makan sayuran, buah, dan pilihan gandum dengan mengurangi produk susu tanpa rasa lemak, seperti susu dan yoghurt dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari di pagi hari atau malam hari sebelum tidur.

Pilih susu, keju, dan yoghurt tanpa lemak sebagai camilan bergizi. Anda dapat menikmati yoghurt tawar tanpa lemak dengan semangkuk sereal gandum hitam. Sebagai topping Anda bisa memberi beri dan kacang-kacangan. Tambahkan keju rendah lemak atau bisa juga irisan tomat dan alpukat sebagai opsi kombinasi topping lainnya.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian sangat lezat dan bergizi. Kacang-kacangan dan biji-bijian menyediakan lemak, protein, vitamin, dan mineral tak jenuh yang sehat. Kacang-kacangan, biji-bijian dan polong-polongan adalah bagian penting dari pola makan sehat. Cobalah untuk menyertakan kombinasi ini sebagai sajian makanan setiap hari.

5. Konsumsi Cokelat

Kandungan flavonoid dalam cokelat dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga membantu menurunkan tekanan darah. Namun, salah penelitian perguruan tinggi di Australia mengungkapkan bahwa cokelat hanya akan menurunkan tekanan pada penderita tekanan darah tinggi, bukan mereka yang memiliki tekanan darah normal.

6. Sayuran Hijau

Potasium yang terkandung di sayuran hijau dapat membantu ginjal untuk membuang sodium melalui urin. Hal tersebut dapat menurunkan tekanan darah. Contoh sayuran hijau yang mudah dikonsumsi antara lain selada, bayam, dan kale. Anda bisa mengolahnya sesuai dengan keinginan, olah semenarik mungkin agar menggugah selera.

7. Ikan dengan Omega 3 Tinggi

Ikan merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik untuk tubuh. Ikan berlemak seperti salmon dan sarden mengandung lemak omega 3 sangat tinggi, yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan menurunkan trigliserida. Salmon juga mengandung vitamin D, yang juga baik untuk menurunkan tekanan darah.

Itulah tadi beberapa makanan yang akan membantu Anda dalam menjaga tensi darah normal. Makanan saja tentunya tidak cukup, Anda perlu mendukungnya dengan pola hidup yang sehat, mulai dari olahraga yang rutin dan selalu menjaga pola tidur, jangan sampai begadang. Jangan lupa untuk hindari asap rokok, karena rokok adalah penyumbang racun terbesar.

Kami dapat membantu anda memenuhi kebutuhan dan beli obat untuk penyakit kronis. Unduh aplikasi Lifepack melalui Google Play Store maupun App Store sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *