Categories
Penyakit

7 Penyebab Hernia yang Wajib Dihindari

Penyebab Hernia

Hernia merupakan salah satu penyakit yang cukup familiar di telinga, karena memang penyakit ini juga banyak diderita oleh masyarakat Indonesia. Panyakit ini ditandai dengan adanya tonjolan dari suatu jaringan atau organ ke daerah-daerah yang tidak biasa. Terdapat beberapa faktor penyebab hernia, berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Mengangkat Beban Terlalu Berat

Penyababnya yang pertama adalah mengangkat beban yang terlalu berat. Biasanya hal ini tidak akan terjadi begitu saja, namun dalam jangka panjang. Jadi, meskipun sekarang masih kuat, jangan terlalu memaksakan diri untuk mengangkat beban yang berat, karena hal tersebut bisa mengakibatkan penyakit hernia di masa mendatang.

2. Sulit Buang Air Besar

Beberapa orang menganggap masalah ini adalah masalah yang sepele. Padahal, susah buang air besar bisa memicu munculnya penyakit hernia. Hal ini dikarenakan perut dipaksa untuk mengejan dengan keras, sehingga memicu jaringan otot menjadi tegang. Untuk menghindarinya Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan dengan kandungan serat yang tinggi.

Makanan dengan kandungan serat yang tinggi akan membuat pencernaan menjadi semakin lancar. Beberapa makanan tersebut misalnya adalah seperti sayur dan buah-buahan. Jadi, selalu sisipan sayur dalam menu makan Anda dan juga jangan lupa untuk mengonsumsi buah sebagai makanan penutup, agar gizi yang diperoleh bisa lebih lengkap.

3. Obesitas

Penyebab herniayang selanjutnya adalah obesitas. Berat badan yang terlalu berlebihan memang memiliki efek yang buruk pada kesehatan, salah satunya adalah bisa memicu hernia. Hal ini dikarenakan, berat badan yang berlebih akan membuat perut menjadi tertekan dan mengakibatkan otot perut menjadi lemah dan usus bisa turun dari tempatnya.

4. Faktor Keturunan

Ternyata hernia juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Jadi, jika anggota keluarga Anda memiliki riwayat terkena hernia, maka keturunan selanjutnya pun akan memiliki peluang yang sama. Maka, penting sekali untuk menghindari penyebab-penyebab dari hernia, agar terhindar dari penyakit yang satu ini.

5. Penyakit Paru-paru

Penyakit paru-paru adalah salah penyakit yang sangat mengganggu, karena akan membuat penderitanya mengalami gangguan pernafasan dalam jangka waktu yang lama, misalnya seperti batuk. Salah satu penyakit paru-paru yang memicu hernia adalah gangguan fibrosis kistik yang menyebabkan batuk kronis.

Ketika penderitanya mengalami batuk secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama, maka perut akan lebih banyak mendapatkan tekanan. Sehingga, hal tersebut dapat memicu otot perut menjadi lemah dan memicu turunnya usus.

6. Kehamilan

Hernia tidak hanya akan menyerang pria, ternyata penyakit yang satu ini juga berpeluang menyerang perempuan. Terutama pada saat masa kehamilan. Hal ini dikarenakan ketika sedang hamil, perut akan mengalami peningkatan tekanan dan akan memicu otot pada bagian perut akan menjadi lemah. Jadi, Anda perlu berhati-hati saat sedang hamil.

7. Merokok

Rokok memiliki kandungan racun didalamnya, dan hal tersebut dapat memicu beberapa penyakit kronis. Termasuk salah satunya adalah sakit hernia, meskipun tergolong penyakit ringan, hernia juga dapat mengancam nyawa jika tidak segera ditangai. Sebenarnya, bukan karena rokok secara langsung, namun diakibatkan oleh penyakit batuk yang bisa disebabkan oleh rokok.

Itulah tadi beberapa penyebab hernia yang sangat penting untuk dihindari. Sekarang, mulailah untuk selalu menghindari beberapa penyebab tersebut, karena hernia bisa saja tidak datang saat ini, namun bisa mengancam masa depan Anda nantinya. Selalu terapkan hidup sehat, seperti olahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *