Categories
Uncategorized

6 Penyebab Dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Sering kali kita tidak merasa nyaman ketika berbicara dengan orang lain disebabkan oleh bau mulut yang mengganggu. Kepercayaan diri pun dapat menurun jika terus membiarkan bau mulut tidak diatasi dengan baik. Berikut ini 6 faktor penyebab dan cara mengatasi bau mulut kronis yang perlu Anda ketahui.

Bau Mulut Kronis

Bau mulut kronis dalam istilah kedokteran disebut sebagai halitosis kronis, yaitu bakteri yang terdapat dalam rongga mulut bagian bawah. Bakteri ini menghasilkan sulphur yang mengakibatkan bau pada mulut. Halitosis kronis sangat umum menyerang sebagian besar orang di seluruh dunia. Penyebab terjadinya bau mulut kronis pun berbeda-beda sehingga cara penanganannya juga berbeda.

6 Penyebab Utama Bau Mulut Kronis

Sebelum mengetahui cara mengatasi bau mulut kronis, sangat penting untuk mengetahui faktor-faktor penyebab bau mulut. Agar dapat ditangani dengan cara yang tepat sehingga memberikan hasil yang maksimal. Berikut 6 faktor utama terjadinya bau mulut kronis yang umum ditemukan.

1. Magh dan Gangguan pada Lambung

Bau mulut dapat disebabkan oleh penyakit magh karena tingginya kadar asam dalam lambung. Lambung merupakan organ yang terhubung langsung ke rongga mulut dan kerongkongan. Sehingga ketika mengalami magh, asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Masalah yang terjadi dalam pencernaan sangat berhubungan dengan gangguan gastrointestinal yang disebabkan oleh bakteri dalam lambung. Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter untuk menangani masalah ini.

2. Kebersihan gigi dan mulut

Sebagian besar kasus bau mulut terjadi akibat gigi dan mulut yang tidak bersih. Terdapat penumpukan plak pada gigi yang membentuk karang gigi sehingga menyebabkan bau mulut. Adapun bakteri yang berkembang dalam mulut karena jarang membersihkan rongga mulut dan gigi. Maka dari itu, penting untuk selalu menyikat gigi menggunakan pasta gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi dan mulut.

3. Karies gigi

Pentingnya menjaga kebersihan mulut selain mencegah bau mulut juga dapat mencegah terjadinya karies atau lubang pada gigi yang dapat mengakibatkan bau mulut. Karies gigi membuat bakteri menumpuk dan menjadi sumber bau pada mulut. Karies gigi dapat menyebabkan infeksi apabila tidak segera ditangani dengan baik.

4. Gangguan pada Liver

Liver adalah organ penting yang mengontrol racun serta bakteri pada tubuh. Bau mulut dapat disebabkan juga oleh liver yang tidak bekerja dengan baik. Gangguan liver disebabkan oleh penumpukan bakteri dan racun pada tubuh maka dari itu perlu dilakukan pembersihan liver. Menjaga pola makan sehat dapat mencegah gangguan pada liver yang juga merupakan cara mengatasi bau mulut kronis secara tepat.

5. Rokok dan Kopi

Rokok mengandung tar dan nikotin, sedangkan kopi mengandung kafein. Tar, nikotin, dan kafein dapat menetap di dalam mulut hingga menyebabkan bau mulut. Cara menghindarinya adalah mengurangi rokok dan konsumsi kopi karena menyikat gigi saja tidak cukup.

6. Makanan

Beberapa jenis makanan tertentu memiliki aroma yang kuat sehingga meninggalkan bau tak sedap di rongga mulut. Makanan seperti bawang, pete dan jengkol dapat menyebabkan bau mulut yang sulit dihilangkan. Cara mengatasi bau mulut kronis adalah dengan mengurangi konsumsi makanan penyebab bau, dan menggunakan obat kumur agar nafas lebih segar.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email Anda di Jovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat Anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya di Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *