Categories
Obat

6 Obat Tipes Alami yang Mudah Ditemui

Obat Tipes

Tipes atau penyakit yang memiliki istilah medis demam tifoid adalah penyakit yang biasa disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini bisa disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi serta melalui gigitan artropoda. Mengkonsumsi obat tipes menjadi sangat penting ketika sudah terjangkit.

Konsumsi Obat Alami untuk Tipes

Ketika seseorang mengalami gejala tipes, maka konsultasi ke dokter harus segera dilakukan agar penanganan yang tepat bisa dilakukan. Dokter akan memberikan resep obat yang perlu dikonsumsi tetapi ada juga tambahan obat-obatan alami untuk tipes ini. Ini dia beberapa obat alami untuk tipes tetapi memang perlu berkonsultasi dengan dokter dulu untuk konsumsi.

1. Bawang Putih

Kandungan zat aktif dalam bawang putih menjadikan bahan makanan ini memiliki sifat anti mikroba. Fakta tersebut bisa membuat kandungan bakteri yang menginfeksi tubuh bisa semakin ditekan. Penderita bisa mengkonsumsi bawang putih sebanyak 2 siung saja ketika perut tidak bisa menerima makanan lain.

2. Pisang

Pisang memiliki kandungan pektin yang tergolong tinggi dan bisa membuat cairan usus penyebab diare. Konsumsi pisang bisa juga mengembalikan elektrolit yang hilang karena pisang memiliki kandungan kalium juga. Makanan ini akan sangat baik untuk proses penyembuhan tipes dengan dosis cukup 2-3 buah saja perharinya.

3. Daun Basil (Daun Selasih)

Kandungan antibiotik dan antibakteri dalam daun selasih bisa sangat membantu mengobati penyakit tipes. Bakteri yang menginfeksi tubuh bisa dihambat pertumbuhannya dengan bahan ini. Selain itu, daun selasih dipercaya bisa menurunkan demam yang terjadi. Cukup rebus 20 helai daun selasih dengan 1 sendok teh jahe kemudian beri madu untuk pemanis.

4. Cuka Apel

Cuka apel bisa memberi efek mengurangi demam yang menyerang ketika menderita tipes. Bahan ini dipercaya bisa menjadi obat tipes dan juga bisa menggantikan mineral yang hilang ketika terjadi diare. Cara konsumsi cuka apel bisa dengan mencampur setengah sendok teh cuka apel dengan madu dan segelas air.

5. Cengkeh

Cengkeh sudah terbukti bisa menjadi antibakteri karena adanya kandungan minyak esensial di dalamnya. Bahan makanan ini bisa digunakan menekan pertumbuhan bakteri penyebab tipes serta mengurangi diare. Cara konsumsi ini adalah dengan merebus 5-7 kuncup cengkeh dan tunggu hingga beberapa waktu.

6. Oralit

Ketika tipes menyerang, penderita juga biasanya mengalami diare hebat yang bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan dan mineral. Oralit adalah obat yang pas untuk membantu mengganti mineral yang hilang ketika diare ini. Pembuatan oralit dengan bahan alami adalah mencampurkan setengah sendok garam dengan 6 sendok gula ke dalam 4 gelas air.

Obat untuk Tipes dari Dokter

Tipes adalah penyakit yang bisa menyebabkan gejala parah dan karenanya konsultasi dengan dokter menjadi sangat penting. Biasanya, dokter akan memberikan berbagai jenis obat yang tergolong dalam antibiotik untuk melawan infeksi bakteri dalam tubuh. Beberapa antibiotik yang disarankan biasanya adalah Ciprofloxacin, Azithromycin, dan Ceftriaxone.

Konsumsi obat-obatan dari dokter juga penting, jangan karena sudah menggunakan bahan alami makan berhenti mengkonsumsi obat. Meskipun tampak sepele pada awalnya, gejala tipes sangat berpotensi untuk memberikan gejala yang sangat parah. Jangan sampai terlambat untuk segera menemui tenaga medis ketika terjadi gejala.

Baik itu obat tipes alami ataupun resep dokter, keduanya perlu dicoba untuk proses penyembuhan penyakit tipes. Tetapi pastikan selalu untuk mengkonsultasikan obat alami apa yang digunakan karena dikhawatirkan terjadi reaksi dengan obat dokter.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *