Categories
Kesehatan

6 Kegunaan Kacamata Anti Radiasi untuk Cegah Gejala CSV

Kegunaan Kacamata Anti Radiasi

Computer Syndrome Vision (CSV) merupakan gangguan penglihatan yang disebabkan karena mata Anda melihat pola yang sama secara terus-menerus dan berulang-ulang. CSV sering dialami oleh orang yang sering bekerja di depan gadget. Untuk bisa melindungi kesehatan mata dari CSV, berikut ini beberapa kegunaan kacamata anti radiasi yang bisa mencegah gejala CSV.

1. Mata Kedutan

Mata kedutan umumnya bisa terjadi tanpa adanya sebab. Namun, kondisi tersebut juga bisa dikaitkan dengan mata yang kelelahan. Mata kedutan sebenarnya bukan hal yang serius, sebab dapat hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, jika kondisi semakin parah, bisa saja menjadi gejala dari hemifacial spasm  dan juga CSV. 

Kondisi tersebut akan menyebabkan penglihatan Anda terganggu, serta akan berpengaruh terhadap otot yang ada di daerah wajah lainnya. Meskipun begitu, kondisi tersebut sangat jarang terjadi. Untuk mengatasi kondisi tersebut. Anda bisa mengubah gaya hidup yang lebih sehat dan juga mengenakan kacamata anti radiasi saat bekerja di depan komputer. 

2. Penglihatan Buram (Kabur)

Salah satu gejala dari CSV adalah penglihatan buram. Banyak faktor yang bisa menyebabkan penglihatan Anda jadi buram. Salah satunya adalah radiasi sinar ultraviolet, dan juga paparan cahaya biru dari layar komputer. Untuk bisa mencegah masalah ini, Anda bisa menggunakan kacamata anti radiasi yang bisa mencegah gejala CSV. 

Walaupun, tidak terlalu berbahaya, jika dibiarkan terus-menerus, penglihatan bura juga bisa menjadi semakin fatal. Selain menjadi gejala dari CSV, perlu diperhatikan juga kalau gejala penglihatan buram juga bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit seperti katarak, AMD (Age-related Macular Degeneration) dan juga Retinopati diabetes. 

3. Mata Iritasi

Gejala lain dari CSV adalah iritasi pada mata Anda. Iritasi pada mata bisa dilihat dari kondisi mata yang berwarna merah dan juga kering. Iritasi bisa disebabkan karena paparan radiasi sinar ultraviolet maupun terlalu lama menatap layar komputer. Untuk bisa menghindarinya, Anda bisa menggunakan kacamata anti radiasi. 

4. Sakit Kepala

Tidak Jarang orang yang terlalu lama menatap layar komputer, sering mengeluhkan kalau sakit kepala. Kondisi ini bisa disebabkan oleh gerak mata yang hanya berfokus pada satu arah saja. Semakin, lama Anda memperhatikan satu titik saja, maka semakin berat juga dampak yang akan ditimbulkan. 

Penyebab dari rasa sakit tersebut, dikarenakan paparan cahaya biru dari layar komputer. Sehingga bisa menghambat aktivitas yang Anda lakukan. Untuk bisa mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan kacamata anti radiasi saat akan beraktivitas di depan komputer.

5. Hilang Fokus

Gejala lain dari CSV adalah hilangnya fokus saat Anda sedang beraktivitas di depan komputer. Walaupun tidak terlalu berbahaya, hal ini akan menghambat aktivitas Anda. Sehingga produktivitas akan terganggu. Anda bisa menggunakan kacamata anti radiasi untuk mengurangi paparan radiasi layar komputer.

6. Kelelahan Mata

Kegunaan kacamata anti radiasi yang berikutnya adalah untuk menghindari gejala kelelahan mata saat Anda bekerja di depan komputer. Jarak pandang yang terlalu dekat dan juga durasi penggunaan komputer yang sangat lama, akan membuat mata Anda kelelahan. 

Selain menggunakan kacamata anti radiasi. Anda juga bisa menggunakan metode 20-20-20 untuk bisa menghindari kelelahan mata saat beraktivitas di depan layar komputer. Metode ini bisa Anda lakukan dengan cara setiap 20 menit bekerja di depan komputer, alihkan fokus penglihatan mata Anda dengan objek yang mempunyai jarak 20 kaki kurang lebih selama 20 detik.

Seperti itulah 6 kegunaan kacamata anti radiasi yang bisa mencegah gejala CSV. Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *