Categories
Penyakit

6 Cara Penanganan Penyakit Bronkitis agar Tidak Kambuh

Cara Penanganan Penyakit Bronkitis

Bronkitis merupakan suatu penyakit yang menyebabkan peradangan dan terjadi pada saluran utama pernapasan atau bronkus. Bronkus sendiri merupakan organ dalam sistem pernapadan yang berfungsi sebagai saluran pembawa udara dari dan menuju paru-paru. Pada umumnya, penyakit ini ditandai dengan gejala batuk yang berlangsung selama seminggu atau lebih. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai cara penanganan penyakit bronkitis agar tidak kambuh lagi.

1. Hindari Rokok dan Asap Rokok

Penyakit bronkitis kerap kali menyerang pada bronkus yang merupakan organ sistem pernapasan. Oleh karena itu, agar penyakit ini tidak kambuh lagi Anda harus menghindari rokok dan asap rokok. Bagi Anda yang suka sekali mengisap rokok, ada baiknya Anda harus memulai meninggalkan kebiasaan tersebut. Jika Anda tetap tidak menghiraukannya, maka dampak yang terjadi bisa membahayakan.

Bagi Anda yang tidak merokok atau sebagai perokok pasif, segera tinggalkan lingkungan yang mengandung asap rokok. Jika Anda terpaksa berada diantaranya, maka Anda bisa mengingatkan kepada orang yang merokok untuk segera mematikan rokoknya.

2. Gunakan Masker

Pada saat Anda hendak keluar rumah, ada baiknya Anda selalu menggunakan masker. Selain menghindarkan Anda dari asap rokok, penggunaan masker juga dapat mencegah Anda terpapar dari zat-zat berbahaya yang terdapat di udara bebas. Pemilihan masker juga harus Anda perhatikan. Pilihlah masker yang memiliki setidaknya 3 lapisan minimal masker medis.

3. Jaga Kebersihan

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan agar penyakit bronkitis tidak kambuh lagi adalah dengan menjaga kebersihan di manapun Anda berada. Usahakan juga selalu mencuci tangan setiap selesai beraktivitas. Bersihkan rumah dan kamar setidaknya 3 hari sekali dan upayakan ruangan Anda mendapatkan cukup sinar matahari pagi.

4. Jaga Pemakaian Barang Pribadi

Cara penanganan penyakit bronkitis berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah menghindari berbagi pakai barang pribadi Anda dengan orang lain. Sekalipun itu dengan keluarga atau orang rumah. Misalnya tidak mudah membagi pakai peralatan makan, minum, selimut, jaket, dan barang lainnya. Hal ini disebabkan penyakit bronkitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, terutama virus penyebab selesma (common cold) dan virus influenza.

5. Lakukan Vaksinasi

Langkah penanganan lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan vaksinasi terhadap diri Anda sendiri. Terutama vaksin influenza maupun vaksin pneumonia. Hal ini ditujukan agar sistem pernapasan Anda tidak mudah terserang oleh berbagai macam benda asing yang hendak merusak kesehatan tubuh melalui sistem pernapasan. Misalnya saja infeksi karena virus, bakteri maupun parasit.

6. Jaga Pola Hidup

Hal terpenting yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga pola hidup agar tetap sehat. Salah satunya cara adalah dengan istirhat teratur. Apabila Anda yang memiliki kesibukan atau aktivitas yang begitu padat, jangan lupa untuk memerhatikan kesehatan Anda sendiri.

Biasakan untuk istirahat dengan tidur setidaknya 7 jam sehari. Jangan lupa jaga asupan nutrisi dengan makan makanan yang mengandung gizi seimbang. Serta biasakan minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara penanganan penyakit bronkitis yang bisa Anda terapkan. Apabila Anda masih merasakan penyakit itu, segera cek kembali pola hidup yang Anda jalani. Anda juga bisa mengonsultasikannya dengan tenaga medis terkait dengan kondisi medis Anda.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Anda juga bisa mengetahui info kesehatan terpercaya dengan mendaftarkan email anda di Ngovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *