Categories
Penyakit

6 Cara Mengatasi Sesak Napas Secara Alami Tanpa Obat

Cara Mengatasi Sesak Napas

Sesak napas merupakan kondisi yang menyebabkan dada terasa sangat sesak seperti halnya diikat dengan tali yang sangat rapat. Sehingga napas akan terasa pendek dan juga disertai dengan suara ‘ngik-ngik’. Kondisi ini memang sangat tidak nyaman. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Apakah harus selalu dengan obat? Berikut ini cara mengatasi sesak napas secara alami.

1. Pursed-lip Breathing

Ini adalah teknik pernapasan sederhana dan mudah untuk mengobati sesak napas. Teknik ini membantu memperlambat laju pernapasan, membuat setiap napas lebih dalam dan lebih efektif. Anda bisa melakukan ini kapan pun Anda merasa sesak napas, terutama saat membungkuk, memungut benda, atau menaiki tangga.

Caranya dengan mengendurkan otot leher dan bahu Anda. Tutup mulut Anda saat menarik napas dan tarik napas perlahan melalui hidung. Hitung sampai dua, dan hembuskan perlahan melalui celah bibir atau mulut, sampai hitungan keempat.

2. Pernapasan Diafragma

Pernapasan diafragma juga bisa menjadi cara mengatasi sesak napas tanpa menggunakan obat. Untuk melakukan ini, cukup duduk di kursi dan kemudian rilekskan lutut, bahu, kepala, dan leher Anda. Letakkan satu tangan di perut dan tangan lainnya di dada. Bernapaslah perlahan melalui hidung sampai tangan Anda merasakan perut Anda bergerak saat Anda menarik napas.

Saat Anda mengeluarkan napas, kontraksikan otot perut Anda. Hembuskan napas perlahan melalui mulut dengan bibir terkatup rapat. Lebih menekankan pada pernapasan daripada menghirup. Hembuskan napas lebih lama dari biasanya sebelum menghirup perlahan. Ulangi selama sekitar lima menit.

3. Berbaring Santai

Banyak orang mengalami sesak napas saat tidur. Selain ketidaknyamanan, hal itu juga bisa memperburuk kualitas tidur Anda. Jadi ketika Anda terbangun dengan sesak saat masih di tempat tidur, segera sesuaikan posisi tubuh Anda begitu berbaring telentang untuk mengatasi masalah ini.

Posisikan kepala Anda lebih tinggi dari jantung dengan menggunakan bantal. Selipkan bantal tebal atau guling di bawah lutut Anda. Jaga punggung tetap lurus dan lengan lurus ke samping. Posisi berbaring ini akan membantu memperlebar saluran udara yang tersumbat sehingga Anda bisa bernapas dengan lega kembali.

4. Berdiri dengan Bersandar ke dinding

Berdiri di dinding dapat membantu mengendurkan saluran pernapasan Anda. Cara ini sering digunakan oleh tim medis dan tentara dunia saat mengalami serangan mendadak. Bersandar ke dinding dengan pinggul yang juga menempel ke dinding.

Selanjutnya rentangkan kaki selebar bahu dan dekatkan tangan ke samping paha. Santaikan badan Anda dan condongkan tubuh ke depan, kemudian tarik napas dalam-dalam selama tiga detik. Lakukan hal tersebut sekitar 10 kali hingga napas Anda kembali lega.

5. Menggunakan Kipas Angin

Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan kipas angin untuk menyalurkan udara ke hidung dan wajah dapat mengurangi sesak napas. Saat Anda menghirup udara dari kipas angin, Anda akan mendapatkan lebih banyak udara.

Hal tersebut telah terbukti menjadi cara efektif untuk mengurangi sesak napas tanpa menggunakan obat. Namun, perlu diperhatikan untuk selalu membersihkan kipas angin dari debu. Jika tidak, sesak napas Anda akan semakin parah, karena akan ada banyak debu yang masuk ke saluran pernapasan Anda.

6. Minum Jahe

Mengkonsumsi jahe segar dengan menambahkan air hangat sebagai minuman dapat membantu Anda mengatasi sesak napas yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan. Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe efektif melawan virus yang merupakan penyebab umum infeksi saluran pernapasan.

Itulah dia 6 cara mengatasi sesak napas yang bisa Anda lakukan tanpa menggunakan obat-obatan. Namun, apabila kondisi Anda masih belum membaik, ada baiknya untuk segera periksa ke dokter terdekat agar segera ditangani dan tidak semakin parah.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *