Categories
Kesehatan Penyakit

6 Cara Menangani Paru-Paru Basah agar Tidak Kambuh

Cara Menangani Paru-paru Basah

Penyakit paru-paru basah identik dengan permasalahan pada sistem pernapasan. Hal ini dikarenakan paru-paru mengalami peradangan dan infeksi. Oleh karena itu bagi Anda yang tidak memiliki penyakit ini ada baiknya Anda menjaga kesehatan. Sedangkan bagi Anda yang sedang menjalani perawatan ada baiknya Anda menyimak informasi berikut mengenai cara menangani paru-paru basah agar tidak kambuh lagi.

1. Melakukan Vaksinasi

Penyakit paru-paru basah ini bisa terjadi disebabkan adanya infeksi karena jamur, bakteri atau virus. Langkah penanganan agar penyakit ini tidak kambuh adalah dengan melakukan vaksinasi terhadap diri Anda sendiri. Terutama terkait vaksin influenza maupun vaksin pneumonia yang bisa menyebabkan penyakit ini.

2. Menjauhi Rokok dan Alkohol

Apabila ada penyakit yang menyerang pada sistem pernapasan, itu tandanya Anda harus berhati-hati terhadap dengan udara di sekitar Anda. Terutama menjaga kesehatan sistem pernapasan dari asap rokok. Bagi Anda yang merupakan seorang perokok aktif, segera hentikan kebiasaan ini.

Pasalnya, merokok dapat merusak dan memperparah kondisi paru-paru. Sedangkan bagi Anda yang merupakan perokok pasif, ada baiknya Anda menjauhi lingkungan yang mengandung banyak kepulan asap. Begitu juga dengan alkohol yang dapat membahayakan kesehatan.

3. Menjaga Kebersihan Diri

Cara menangani paru-paru basah berikutnya adalah menjaga kebersihan diri sendiri. Misalnya dari membiasakan sering mencuci tangan di mana saja dan sebelum serta sesudah melakukan aktivitas atau menyentuh benda apapun. Hal ini ditujukan demi menghindari penularan kuman dari orang lain atau dari benda yang terkontaminasi kuman.

Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan diri terkait dengan lingkungan yang ada disekitar Anda. Misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan rumah secara rutin setidaknya setiap hari harus Anda sapu. Hal ini ditujukan agar sirkulasi udara disekitar Anda tetap terjaga dengan baik.

4. Mengganti Pola Hidup Lebih Sehat Lagi

Cara yang terpenting lainnya adalah menjaga pola hidup agar sistem pernapasan lebih sehat lagi. Beberapa diantaranya adalah berolahraga. Ada baiknya Anda melakukan olahraga di tempat terbuka yang mendapatkan sinar matahari pagi dengan baik. Sebelum keluar rumah, jangan lupa juga untuk menggunakan masker. Hal ini ditujukan agar polusi, udara kotor, maupun droplet dari orang lain tidak mengenai Anda.

5. Menjaga Asupan Nutrisi yang Lengkap

Pada saat tubuh Anda mengalami suatu penyakit, hal tersebut menandakan sistem imun atau pertahanan tubuh sedang melemah. Oleh karena itu, Anda bisa menambah asupan gizi untuk proses pemulihan tubuh. Terutama asupan gizi yang berfungsi sebagai antioksidan. Jangan lupa untuk makan makanan dari sayuran, buah-buahan, ikan ataupun dari produk susu.

6. Meminum Air Putih

Menjaga tubuh agar tetap sehat, termasuk menjaga apa yang dikonsumsi sehari-hari. Salah satunya adalah air putih. Apabila Anda memiliki hobi minum kopi atau lainnya, mulai saat ini biasakan untuk mengonsumsi air putih. Tubuh memerlukan air putih agar tidak terjadi dehidrasi. Adapun ukuran minimal air putih yang bisa Anda konsumsi adalah 8 gelas per hari. Lebih dari itu juga bisa Anda konsumsi.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara menangani paru-paru basah yang bisa Anda lakukan agar penyakit pernapasan ini tidak kambuh. Apabila Anda mengalami gejala lain misalnya batuk, Anda bisa meminimalisir rasa sakit dengan meminum teh peppermint dengan air hangat. Apabila Anda mengalami gejala lainnya, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *