Categories
Uncategorized

5 Sumber Makanan Vitamin B yang Mudah Didapat

sumber vitamin d

Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok setiap manusia. Dalam pemilihan makanan tentu tidak bisa sembarangan, karena kita harus mempertimbangkan kandungan gizi yang dimilikinya. Salah satunya adalah Vitamin B yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. berikut ini adalah beberapa sumber makanan Vitamin B yang sangat mudah sekali didapat dan juga nikmat.

1. Ikan Salmon

Salmon tidak diragukan lagi merupakan protein yang terkenal tinggi nutrisi, salah satunya memiliki kandungan vitamin B yang tinggi.Dalam  100 gram ikan salmon saja mengandung 18% vitamin B1, 29% vitamin B2, 50% vitamin B3, 19% vitamin B5, 47% vitamin B6, dan 51% vitamin B12.

Kesemuanya ini memenuhi kewajiban konsumsi vitamin B menurut RDI (Reference Daily Intake). Selain itu, salmon juga tinggi minyak Omega-3 yang dapat meningkatkan fungsi otak. Kombinasi vitamin B dan Omega-3 baik untuk anak, karena bisa meningkatkan fungsi otak anak dan agar anak lebih berenergi.

2. Yoghurt

Siapa yang tidak suka dengan yoghurt apalagi saat disajikan seperti ice cream dan dihidangkan dengan buah favorit. Yoghurt terkenal akan kandungan vitamin B2 dan juga B12 yang tinggi, yoghurt pun tetap memiliki kandungan vitamin B yang tinggi bahkan ketika ada rasanya. Makanan yang satu ini juga sangat mudah didapat ataupun dibuat sendiri.

Khususnya untuk anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan. Vitamin B12 sudah terkenal akan manfaatnya yang dapat memperkuat fungsi tulang, dan akan sangat bagus untuk dikonsumsi anak-anak. Jadi, jangan sampai lupa dengan menu makanan yang satu ini, Anda bisa menyisipkannya beberapa kali dalam satu minggu.

3. Daging Merah

Jenis daging merah yang dapat dikonsumsi misalnya seperti daging sapi bisa diolah menjadi steak, rendang atau BBQ. Daging merah terkenal tinggi vitamin B yang wajib dikonsumsi semua orang termasuk anak-anak, dalam 100 gram daging sapi terdapat vitamin B1, B2, B3, B5, B6 dan B12. Bahkan sumber vitamin B1, B3 dan B6 paling tinggi ada pada daging merah. 

Mengonsumsi daging merah dapat membantu produksi sel darah merah sehingga tidak gampang mengalami pusing yang berlebihan. Selain memiliki kandungan yang sangat penting untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh, olahan apapun dari daging merah memiliki rasa yang nikmat dan menggoda.

4. Telur

Satu butir telur mengandung vitamin B2, B5, B7, B9, dan juga B12. Ternyata telur merupakan sumber vitamin B7 yang tertinggi atau yang dikenal dengan biotin. Biotin jika dikonsumsi oleh anak-anak dapat memberikan manfaat berupa mempercepat pertumbuhan rambut, dan membantu mencerna zat gizi dalam tubuh. 

Sumber makanan Vitamin B yang satu ini sangat mudah sekali didapat, jadi jangan sampai kehabisan stok telur di rumah. Variasi olahan telur juga sangat banyak sekali, Anda bisa membuatnya semenarik mungkin agar lebih menarik.

5. Sayur Hijau

Ternyata Vitamin B tidak hanya bisa Anda dapatkan dari produk hewan saja. Sayuran hijau pun ternyata juga memiliki kandungan tersebut. Salah satu contohnya adalah pada sayur bayam yang kaya akan kandungan Vitamin B9 atau folat. Kandungan ini tentu sangat penting untuk tubuh, fungsinya adalah untuk membantu produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

Itulah tadi beberapa sumber makanan Vitamin B yang sangat mudah untuk didapat. Dengan beberapa makanan di atas, kebutuhan vitamin keluarga Anda akan terpenuhi. Buatlah olahan yang menarik dan juga dengan rasa yang nikmat, Anda bisa mencari resep-resep makanan terbaru agar lebih bervariasi.

Ingin tahu apakah gaya hidup Anda sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee Anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personal Anda. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *