Categories
Obat

5 Manfaat Pycnogenol Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Pycnogenol

Tubuh memang membutuhkan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan salah satu penyebab berbagai penyakit dan penuaan diri. Tahukah Anda jika ekstrak pohon pinus juga kaya akan kandungan antioksidan? Nah ini dia beberapa manfaat pycnogenol bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui.

Kapasitas Antioksidan dan Anti Inflamasi

Ekstrak kulit pinus (pycnogenol) mampu menawarkan perlindungan terhadap radikal bebas. Sebagian besar kandungan antioksidan yang terdapat pada pycnogenol berasal dari senyawa fenolik seperti proantosianidin. Sebuah penelitian menunjukkan jika pycnogenol bermanfaat untuk melindungi sel-sel pembuluh darah terhadap oksidasi.

Tak hanya itu saja, pycnogenol juga bermanfaat untuk meningkatkan aktivitas enzim antioksidan seperti superoksida dismutase dan meningkatkan  kadar glutathione intraseluler. Terlebih lagi kapasitas antioksidan juga berkaitan erat dengan penghambatan enzim proinflamasi dan pengurangan pembentukan zat yang mampu mendukung peradangan.

Melindungi Vena dan Memproduksi Oksida Nitrat

Proantosianidin juga memiliki sifat afinitas yang bermanfaat untuk sel dengan glikosaminoglikan. Sel-sel tersebut umumnya terletak di jaringan kulit, dinding pembuluh darah atau mukosa usus. Pycnogenol sendiri bermanfaat untuk  mengurangi microbleeds dan pembentukan edema dalam pembuluh darah

Hingga meningkatkan fungsi vaskuler dan sirkulasi perifer.

Selain itu nitrogen monoksida yang terkandung pada pycnogenol juga mampu menawarkan perlindungan terhadap agregasi trombosit dan oksidasi lipid plasma. Pycnogenol juga mampu merangsang produksi nitrat oksida (NO) yang bermanfaat untuk mendukung vasodilatasi dan mikrosirkulasi. Sedangkan antioksidan berkontribusi pada pembentukan senyawa ini.

Baik untuk Sistem Kardiovaskular

Manfaat dari pycnogenol yang paling banyak diketahui adalah untuk perawatan sistem kardiovaskular. Pycnogenol bermanfaat untuk meningkatkan sintesis oksida nitrat. Oksida nitrat sendiri berfungsi untuk meningkatkan relaksasi dan vasodilatasi otot yang mengelilingi pembuluh darah sekaligus mengurangi agregasi platelet.

Tak hanya itu saja, pycnogenol juga ikut berkontribusi untuk perawatan endotel yang sangat bermanfaat pada kasus yang berkaitan dengan vena varietas atau vena rapuh yang cenderung mudah pecah.

Retinopatik dan Gangguan Retina

Beberapa hal di atas, manfaat lain dari pycnogenol adalah membantu mengatasi retinopatik dan gangguan retina. Hal ini disebabkan karena zat antioksidan pada pycnogenol mampu membantu orang-orang yang memiliki masalah perubahan siklus mikro di retina. Kandungan ini juga mampu melindungi dan meningkatkan penglihatan pada orang-orang tersebut.

Performa Olahraga dan Sistem Otot

Rutin mengonsumsi pycnogenol juga membantu mempertahankan performa olahraga dan memperkuat otot. Mengonsumsi 100 mg pycnogenol setiap hari bersamaan dengan pelatihan yang memadai mampu meningkatkan adaptasi dan hasil pelatihan. Selain itu, pycnogenol juga bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif yang disebabkan karena olahraga.

Suplemen dengan kandungan pycnogenol sangat bermanfaat bagi atlet ketahanan. Sebab suplemen ini mampu meningkatkan waktu yang diperoleh dalam pelatihan dan tes. Pycnogenol mampu mencegah kram dan nyeri otot saat beristirahat dan selama atau setelah latihan fisik.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Seperti yang sudah diketahui jika pycnogenol kaya akan kandungan afinitas yang baik untuk sel-sel kulit. Pycnogenol efektif untuk meningkatkan elastisitas dan penampilan kulit. Selain itu pycnogenol juga mampu membantu meningkatkan sirkulasi mikro di kulit dengan meningkatkan oksigenasi, luminositas dan melemahkan tanda-tanda yang muncul sebagai akibat faktor usia.

Pycnogenol juga bisa membantu mengurangi melasma. Melasma merupakan perubahan hiperpigmentasi kulit yang sangat umum dialami wanita. Bahkan pycnogenol juga mampu membantu mengurangi reaksi kemerahan yang timbul sebagai akibat paparan sinar matahari.

Itu dia beberapa manfaat pycnogenol bagi kesehatan yang jarang diketahui. Meskipun pycnogenol memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, pastikan untuk selalu mengonsumsinya dalam batas wajar sesuai dengan resep dokter. Pycnogenol tidak disarankan dikonsumsi oleh wanita hamil dan wanita menyusui.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antre. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *