Categories
Kesehatan

5 Makanan yang Mengandung Glukosamin Bantu Jaga Tulang

Makanan yang Mengandung Glukosamine

Pada dasarnya kandungan glukosamin dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan persendian tulang. Apabila persediaan mulai merasakan nyeri, hal itu menandakan kandungan glukosamin dalam tubuh mulai menipis. Salah satunya cara untuk mengembalikan kandungan tersebut adalah melalui makanan. Oleh karena itu simak informasi berikut mengenai makanan yang mengandung glukosamin.

1. Ikan

Salah satu pilihan ikan yang bisa menjadi asupan persediaan glukosamin adalah ikan salmon, ikan sarden maupun ikan makarel. Pasalnya ikan adalah satu satu sumber makanan yang mengandung omega 3, kalsium, maupun vitamin D. Adapun kandungan omega 3 yang ada dalam ikan dapat membantu Anda dalam menurunkan peradangan, kekakuan, pembengkakan hingga masalah lain yang biasa terjadi pada persendian.

Kandungan mineral berupa kalsium, dapat membantu kesehatan tulang agar tidak mudah meengalami pengeroposan. Sedangkan kandungan berupa vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium yang telah diperoleh agar kesehatan sendi sekaligus tulang juga ikut terpelihara.

2. Produk Susu

Pilihan selain ikan yang dapat memproduksi kandungan glukosamin adalah produk susu. Susu juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Tidak hanya kalsium yang bagus untuk jaga kesehatan tulang. Ada juga kandungan vitamin D yang bagus untuk membantu proses pengolahan kalsium agar bisa diserap oleh tubuh dengan maksimal.

Segelas susu dapat memenuhi kebutuhan kalsium kurang lebih 30 persen. Pada produk olahan susu lainnya juga bisa menjadi pilihan Anda. Misalnya saja yogurt maupun keju. Pada produk yogurt mengandung kurang lebih 30 persen kalsium dan kurang lebih 20 persen vitamin D. Sedangkan pada produk berupa keju, 1 lembarnya saja bisa yang kurang lebih 25 gram saji, dapat memenuhi kebutuhan 18 persen kalsium.

3. Cabe merah

Makanan yang mengandung glukosamin lainnya adalah cabe merah. Pada cabe merah mengandung capsaicin yang dapat meredakan rasa sakit termasuk rasa nyeri yang biasa terjadi pada persendian. Tidak hanya itu saja, pada cabe merah juga terdapat kandungan vitamin C yang dapat membantu dalam membentuk kolagen.

Adapun kolagen sendiri adalah protein pembentuk tulang lunak, tendon dan juga ligamen yang biasanya berfungsi sebagai bantalan pelindung dan merekatkan sendi. Namun, bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

4. Buah Ceri

Buah yang nikmat saat di jus atau dimakan biasa ini dapat membantu melawan peradangan yang bisa terjadi pada tulang termasuk radang pada persendian. Tidak hanya itu saja, buah yang kerap dijadikan hiasan kue ini juga bisa meringankan nyeri sendi yang diakibatkan asam urat. Hal ini dikarenakan dalam buah ceri mengandung antioksidan yang biasa disebut sebagai anthocyanin.

5. Sayuran Bok Choy

Sayuran-sayuran yang memiliki daun hijau seperti bok choy juga dipercaya dapat menjaga kesehatan terutama dalam menjaga kesehatan persendian. Hal ini dikarenakan dalam sayuran hijau mengandung antioksidan, beta karotan, kalisum hingga vitamin C yang bagus dalam menjaga kesehatan dan menguatkan tulang.

Nah itulah beberapa pilihan makanan yang mengandung glukosamin yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah dan meredakan rasa nyeri pada sendi dan kesehatan tulang. Selain mendapatkan asupan glukosamin, Anda juga bisa mendapatkannya dari asupan suplemen. Bagi Anda yang memiliki kondisi medis tertentu seperti memiliki masalah pada sistem pencernaan, Anda bisa mengonsultasikan makanan atau suplemen dengan dokter.

Ingin tahu apakah gaya hidupmu sudah sehat? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee anda dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *