Categories
Penyakit

5 Ciri Serangan Jantung yang Harus Segera Ditanggapi

Ciri Serangan Jantung

Jantung merupakan organ vital yang harus dijaga kesehatannya. Salah satu cara untuk menjaga agar otot-otot jantung selalu bekerja dengan baik adalah dengan rutin berolahraga. Selain itu, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat untuk mencegah serangan jantung. Terdapat beberapa ciri serangan jantung, berikut adalah di antaranya.

1. Rasa Tidak Nyaman pada Dada

Ciri jantung mulai terserang yang pertama adalah munculnya rasa tidak nyaman pada bagian dada. Hal ini dikarenakan adanya sumbatan pada bagian arteri jantung. Rasa tidak nyaman yang terjadi biasanya adalah seperti sesak,nyeri, tekanan pada bagian dada, dan rasa seperti terbakar. Biasanya tanda ini akan muncul selama beberapa menit saja.

Pada umumnya rasa tidak nyaman ini akan muncul ketika melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Sehingga, saat sedang jam padat dan Anda merasa ada yang sakit pada bagian dada, lebih baik istirahat terlebih dahulu sampai rasa tersebut hilang. Namun, beberapa orang juga ada yang merasakan tanda ini ketika sedang beristirahat.

Jika rasa ini hanya muncul hanya sekali, mungkin bisa saja ini bukan tanda dari adanya serangan jantung. Namun, jika tanda ini muncul berkali-kali, segeralah untuk memeriksakannya ke dokter agar bisa mendapatkan diagnosa yang tepat. Perlu diketahui juga, bahwa wanita tidak memiliki tanda ini saat mengidap penyakit jantung.

2. Mulas atau Sakit Perut

Tanda yang kedua ini umumnya dirasakan oleh wanita. Beberapa wanita biasanya akan mengalami mual, mulas atau rasa tidak nyaman pada perut saat memiliki gangguan jantung. Tanda ini memang tidak bisa dipastikan menandakan adanya serangan jantung, namun Anda tetap untuk diwaspadai. Konsultasikan dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Nyeri pada Bagian Lengan

Ciri serangan jantung lainnya adalah rasa nyeri pada bagian lengan. Biasanya, rasa ini berasal dari dada yang sebelah kiri yang selanjutnya menjalar ke tubuh di bagian kiri, salah satunya adalah pada bagian lengan.  Jadi, saat Anda merasa sakit pada lengan di bagian kiri, Anda bisa memeriksakannya ke dokter, karena hal tersebut bisa berpeluang serangan jantung.

4. Batuk tak Kunjung Sembuh

Saat kondisi tubuh sedang lemah, mungkin batuk akan mudah menyerang. Namun, beda ceritanya dengan serangan jantung, cirinya adalah batuk yang tak kunjung sembuh. Biasanya batuk ini juga mengeluarkan riak berwarna putih atau merah muda. Hal ini bisa dijadikan sebagai tanda gagal jantung.

Batuk ini bisa dikarenakan adanya kebocoran pembuluh darah pada jantung, sehingga darah yang bocor tersebut akan kembali lagi ke paru-paru. Jika Anda mengalami hal ini, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter, karena hal ini perlu penanganan yang cepat agar tidak menjadi semakin parah.

5. Detak Jantung Tidak Beraturan

Jantung bisa saja mengalami detakan yang tidak beraturan karena beberapa hal, misalnya adalah saat gugup, kurang tidur, terlalu banyak mengonsumsi kafein dan bekerja keras. namun, untuk orang-orang  yang mengalami serangan jantung, akan mengalami detak jantung yang tidak beraturan tanpa sebab.

Itulah tadi beberapa ciri serangan jantung yang perlu diwaspadai. Penting juga untuk menghindari makanan-makanan yang bisa memicu serangan jantung, misalnya adalah seperti soda, minuman manis, makanan cepat saji, karbohidrat olahan dan makanan tinggi kolesterol. Jangan lupa untuk selalu imbangi dengan olahraga secara teratur.

Penasaran dengan tips dan trik kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *