Categories
Kesehatan Penyakit

5 Cara Mengatasi Sariawan dengan Cepat

Sekalipun bukan termasuk penyakit menular, sariawan dapat mengganggu aktivitas Anda. Misalnya saja saat makan, minum, menyikat gigi bahkan saat berbicara. Pada umumnya sariawan ini tumbuh di dasar gusi, lidah bahkan sepanjang sisi rongga mulut. Oleh karena itu, Anda bisa menyimak informasi ini mengenai cara mengatasi sariawan berikut ini.

1. Perbanyak Vitamin C

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperbanyak untuk mengonsumsi vitamin C. Vitamin C sangat diperlukan untuk tubuh. Pasalnya vitamin C dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan cara mendorong produksi sel darah putih. Apabila ada bakteri ataupun penyakit lainnya yang hendak menyerang sistem imun tubuh, sel darah putih inilah yang akan membasmi penyakit tersebut.

Tubuh yang terlindungi oleh vitamin C inilah yang dapat melawan berbagai macam infeksi. Selain itu, vitamin C ini juga berperan membantu sel-sel bekerja lebih efektif sehingga dapat melindungi tubuh terhadap berbagai macam molekul virus ataupun bakteri yang berbahaya. Dengan begitu, proses pemulihan dan keseimbangan tubuh dalam mengatasi sariawan lebih cepat.

2. Perbanyak Vitamin B

Vitamin B kompleks terutama yang terdiri dari vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12, dapat mencegah dan menyembuhkan sariawan. Sifat vitamin B ini hampir sama dengan vitamin C, yaitu memiliki sifat yang cepat larut dalam air. Hal ini dapat diartikan bahwasannya vitamin B tidak disimpan di dalam tubuh dan perlu dikonsumsi secara rutin. Kandungan vitamin B ini bisa Anda temui baik itu dari obat berkomposisi vitamin B, sayur, maupun buah-buahan.

3. Obat oles

Cara mengatasi sariawan yang berikutnya adalah mengolesi dengan obat oles khusus untuk sariawan. Ada beberapa obat oles untuk sariawan yang mengandung bahan aktif seperti kortikosteroid, benzocaine, atau fluocinonide. Bahan-bahan ini dipercaya dapat mengurangi gangguan yang diakibatkan dari sariawan serta mempercepat proses penyembuhannya.

Namun, dalam penggunaannya alangkah lebih baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga medis. Terutama bagi Anda yang mengalami kondisi medis tertentu. Apabila sariawan tersebut semakin memburuk, segeralah pergi ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Pasta Cabai

Cara yang satu ini bisa Anda gunakan bagi yang tahan terhadap rasa pedas cabai. Salah satu alasannya adalah cabai memiliki kandungan capsaicin. Capsaicin sendiri merupakan senyawa yang ada di cabai ataupun pada bumbu dapur lainnya yang memiliki cita rasa pedas. Selain itu dalam cabai juga mengandung vitamin C yang juga bisa mengobati sariawan.

Apabila Anda memutuskan mengobati dengan pasta cabai ini, Anda bisa menambahkan pasta ke dalam menu makanan Anda. Bisa juga Anda oleskan secara langsung pada bagian yang terdampak sariawan. Caranya dengan mengoleskan secara perlahan dan tipis-tipis secara merata pada bagian yang terdampak sariawan.

Anda bisa menggunakan cotton bud saat mengoleskan pasta tersebut. Tunggu kurang lebih sekitar 2 menit, lalu bilas menggunakan air mineral. Namun, Anda harus benar-benar waspada terhadap penggunaannya.

5. Berkumur dengan Obat Kumur

Ada beberapa obat kumur yang juga dipercaya dapat menghilangkan sariawan. Sebagian dari produk obat kumur memiliki kandungan yang berbeda-beda. Ada yang mengandung zat antiseptik atau antibiotik. Zat ini dipercaya dapat membunuh bakteri di sekitar luka sariawan. Ada juga zat antihistamin atau anestesi lokal.

Zat ini digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan dalam mulut yang disebabkan adanya ariawan. Ada juga zat antijamur yang digunakan untuk mengurangi pertumbuhan jamur dalam mulut akibat dampak sariawan. Ada juga zat kortikosteroid yang dapat mengobati peradangan akibat sariawan.

Itulah beberapa informasi cara mengatasi sariawan yang bisa Anda coba. Apabila Anda merasakan sariawan yang begitu parah, ada baiknya Anda langsung berkonsultasi kepada tenaga medis yang berada di fasilitas kesehatan terdekat. Jangan lupa konsultasikan juga terkait dengan obat yang cocok dengan kondisi sariawan Anda.

Untuk tebus resep obat, Anda juga bisa mengunduh aplikasi Lifepack. Dengan Lifepack, Anda dapat menebus resep obat tanpa perlu antri di apotek. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *