Categories
Obat

3 Manfaat Dexamethasone dan Efek Sampingnya

manfaat dexamethasone

Dexamethasone atau lebih kita kenal dengan dexa, merupakan obat yang sangat banyak dikonsumsi di Indonesia. Walaupun penggunaannya sebenarnya kurang direkomendasikan dalam jumlah yang besar penggunaan dexamethasone masih saja marak dijadikan sebagai obat mujarab untuk semua penyakit. Tetapi apa saja manfaat dexamethasone dan efek sampingnya?

Kegunaan Dexamethasone                                                       

Julukan sebagai obat dewa tanpa tanding tidaklah salah, sebab obat ini memang punya khasiat yang sangat manjur. Kita ambil contoh penyakit batuk dan pilek, hanya dalam sehari dexamethasone mampu meredakannya. Khasiat ini tergolong sangat mutakhir dan manjur. Biasanya membutuhkan dua sampai tiga hari untuk meredakan batuk.

Hal inilah yang membuat dexamethasone disebut sebagai obat dewa. Sudah banyak contoh yang bisa kita ambil sebagai manfaat dari dexamethasone. Kalau kita mau ambil contoh lain adalah sariawan. Ketika seseorang terserang sariawan maka membutuhkan 5 hari untuk sembuh. Akan tetapi jika mengkonsumsi dexamethasone membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk meredakan sariawan.

Padahal sariawan sendiri sangat sulit disembuhkan apalagi saat daya tahan tubuh kita drop. Maka dari itulah biasanya dokter meresepkan dexamethasone untuk membantu tubuh dalam menghadapi sariawan. Sebenarnya tak cuma sariawan tetapi, banyak penyakit lain yang bisa disembuhkan oleh dexamethasone. Kebanyakan penyakit tersebut terjadi karena inflamasi.

Walaupun manfaat dexamethasone sangat besar, namun obat ini juga memiliki efek samping yang tidak kalah kuatnya. Biasanya efek ini akan muncul ketika konsumsi sangat banyak ataupun terus menerus. Meskipun begitu masih banyak orang yang tidak menyadari bagaimana dexamethasone bisa membawa efek yang mengerikan.

Efek Samping Dexamethasone

Pertama yang perlu kita sadari efek samping dari dexa adalah iritasi lambung. Jika obat yang dikonsumsi dalam jumlah yang besar atau dosis yang tinggi tidak sesuai dengan anjuran dokter maka yang terjadi adalah iritasi lambung pasien. Oleh karena itu penggunaan dexamethasone sangat diawasi oleh para dokter.

Selain iritasi lambung efek yang lebih mengerikan adalah moon face. Efek ini terjadi ketika wajah pasien menjadi lebam dan sedikit menggembung. Bisa dibilang bahwa bentuk mukanya menjadi seperti bulan. Maka dari itulah dexamethasone tidak boleh terlalu sering dikonsumsi. Obat ini hanya boleh digunakan sesuai dengan resep dokter.

Apabila penggunaannya menyalahi aturan ataupun kita hanya mengalami cara pemberiannya, maka yang terjadi adalah kita akan merusak tubuh kita sendiri karena keteledoran yang kita lakukan. Tidak mungkin seseorang akan bisa membeli dexamethasone apabila tidak membawa resep. Maka dari itu kita harus berhati-hati dalam konsumsi obat ini.

Semua efek baiknya bisa kita ambil apabila digunakan sesuai dengan resep dan anjuran dokter. Namun ketika kita melebihi aturan tersebut yang terjadi adalah efek samping yang akan muncul. Pusing kepala mual muntah hingga sakit perut adalah beberapa efek yang sangat mungkin terjadi ketika konsumsi Dexa berlebihan.

Dosis yang Tepat

Dosis yang tepat dalam konsumsi dexa sangat beragam tergantung pada berat badan sang pasien. Anak kecil ataupun dewasa juga sangat mempengaruhi dosis yang diberikan. Akan sangat bagus bagi kita apabila, mengerti berapa dosis yang tepat untuk kita. Namun akan jauh lebih baik ketika dokter ataupun petugas kesehatan lain yang akan memberikan berapa takaran dosis yang sesuai.

Walaupun obat yang  memiliki efek samping cukup berbahaya, manfaat dexamethasone juga banyak bagi tubuh kita. Oleh karena itu kita harus selalu mematuhi anjuran petugas kesehatan juga dokter yang berkewajiban dalam  memberikan jasa pengobatan mereka. Jangan malah kita membeli obat sendiri tanpa perhitungan dosis yang tepat.

Download aplikasi Lifepack di Playstore dan Appstore, apotek online untuk tebus resep obat. Solusi berobat bebas antre.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *