Categories
Uncategorized

3 Cara Ampuh Mencegah Stretch Mark

Munculnya garis-garis pada bagian kulit yang berwarna putih disebut sebagai stretch mark. Kehadiran stretch mark biasanya terdapat pada bagian tubuh seperti paha, pantat, lengan, payudara dan perut. Stretch mark dapat mengganggu kepercayaan diri hingga membuat tidak nyaman. Meskipun obat stretch mark telah tersedia tetapi butuh waktu lama untuk dapat benar-benar menghilangkan garis peregangan tersebut.

Mengenal Stretch Mark

Stretch mark muncul akibat adanya retakan pada kulit bagian tangan hingga mendorong kulit bagian bawah naik ke permukaan. Stretch mark menimbulkan garis-garis seperti retakan pada kulit yang umumnya berwarna merah kemudian berubah menjadi berwarna putih. Stretch mark dapat menyerang pria maupun wanita yang mengalami berat badan berlebih sehingga lapisan kulit mengalami tarikan dalam waktu yang cepat.

Tips Mencegah Stretch Mark

Menghilangkan gari-garis dengan obat stretch mark dapat dilakukan tetapi perlu kesabaran. Karena regenerasi kulit memerlukan jangka waktu yang panjang. Sehingga lebih baik melakukan pencegahan sebelum stretch mark terjadi. Berikut ini beberapa tips pencegahan terjadinya stretch mark yang perlu anda ketahui.

1. Menjaga berat badan

Menjaga berat badan dapat mencegah terjadinya stretch mark, sebab dengan berat badan yang stabil kulit tidak mengalami peregangan. Tubuh yang memiliki berat badan stabil cenderung tidak mengalami perubahan bentuk tubuh secara signifikan dalam jangka waktu pendek. Sehingga tidak adanya penarikan pada lapisan kulit yang mendadak dan dapat menyebabkan stretch mark.

Agar berat badan tetap stabil pastikan asupan kalori yang seimbang dan melakukan olahraga rutin. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi mampu meningkatkan elastisitas dan kelembaban pada kulit sehingga resiko terjadi stretch mark dapat berkurang.

2. Menggunakan Lotion Vitamin E

Lotion atau krim yang mengandung vitamin E dapat memberikan nutrisi pada kulit secara langsung atau dari luar. Vitamin E dapat membantu menjaga produksi minyak alami sehingga kulit terhindar dari kekeringan yang dapat menurunkan tingkat elastisitas kulit. Kulit yang lembab dan kenyal memiliki tingkat elastisitas yang lebih tinggi sehingga tidak mudah retak saat terjadi tarikan pada kulit.

Wanita hamil paling beresiko mengalami stretch mark, meskipun dapat membeli obat stretch mark setelah melahirkan namun prosesnya sangat panjang. Mencegah stretch mark penting bagi ibu yang sedang hamil dengan rutin mengoleskan krim atau lotion.

3. Pola Makan Sehat

Pola makan yang sehat dan bernutrisi tinggi dapat mencegah terjadinya stretch mark. Hal tersebut dikarenakan asupan kebutuhan nutrisi harian tercukupi dengan baik. Makanan yang mengandung tinggi vitamin E, vitamin C dan Seng mampu memberikan nutrisi bagi kulit. Selain itu, vitamin C juga membantu produksi kolagen pada kulit.

Seseorang dengan kadar kolagen yang tinggi memiliki kulit yang elastis sehingga beresiko lebih rendah terkena stretch mark. Sedangkan orang dengan kadar kolagen rendah cenderung memiliki resiko terkena stretch mark yang lebih tinggi akibat kulit kering dan mudah retak.

Stretch mark memang bukanlah penyakit yang berbahaya namun sangat mengganggu penampilan hingga membuat tidak percaya diri. Perawatan kulit pada bagian yang terkena stretch mark dapat dilakukan oleh dokter kulit dan kecantikan. Namun memerlukan biaya yang tinggi sebab alat yang digunakan sangat canggih.

Mengonsumsi atau menggunakan obat stretch mark dapat membantu menyamarkan garis-garis putih yang tampak. Penggunaan obat bagi sebagian orang mungkin menimbulkan efek samping tertentu sehingga perlu konsultasi dengan dokter untuk lebih lanjut.

Dapatkan rekomendasi suplemen dengan harga terbaik hanya di Jovee. Unduh Jovee melalui Playstore maupun Appstore sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *