Categories
Penyakit

Yuk Kenali Definisi, Gejala, Penyebab dan Cara Mencegah Penyakit Rubella

Rubella menjadi salah satu penyakit yang cukup populer, terutama pada tahun 2016 silam. Penyakit ini disebut juga dengan campak Jerman yang biasanya secara umum menyerang kalangan anak-anak. Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan pula, kalangan dewasa akan terkena penyakit rubella. Berikut ini informasi lengkapnya terkait rubella. Yuk disimak!

Definisi Rubella

Penyakit Rubella disebut juga campak Jerman yakni sebuah infeksi virus yang menimbulkan tanda berupa ruam merah pada area kulit. Umumnya, penyakit ini menyerang kalangan anak-anak dan juga remaja. terutama di Indonesia tepatnya pada tahun 2016 yang tercatat sebanyak 800 kasus yang disebabkan rubella.

baca: Beberapa Gejala Tifus yang Sering Muncul

Penyebaran rubella sangatlah mudah yang dapat ditularkan melalui bulir-bulir liur di udara, terutama ketika batuk dan bersin. Berbagi makanan dan minuman dengan penderita rubella sangatlah dilarang, guna menjaga tubuh agar terhindar dari serangan rubella yang dapat menular dengan mudah.

Gejala Rubella

Seperti yang disinggung sebelumnya, rubella lebih rentan menyerang anak-anak. Hal ini dapat ditunjukkan dengan gejala seperti demam, sakit kepala, pilek, nafsu makan yang kurang, area mata memerah, adanya pembengkakan kelenjar limfa yakni pada area telinga dan leher. Selain itu, gejala lainnya yakni adanya ruam berbintik merah yang mulanya muncul di area wajah, yang perlahan menyebar menuju badan, tangan, dan kaki serta adanya rasa sakit pada persendian.

Penyebab Terjadinya Rubella

Setiap penyakit tentunya muncul karena alasan tertentu. Begitu pun dengan rubella, kehadirannya bukan tanpa sebab. Namun terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya rubella. Adapun penyebabnya yakni disebabkan oleh virus bernama Rubella. Virus ini dapat menyebar dengan mudah melalui bulir air liur yang terpercik dari penderita rubella, terutama ketika bersin dan batuk.

Cara Mencegah Penyakit Rubella

Selanjutnya, melakukan pencegahan tentunya lebih baik dibanding melakukan pengobatan. Beberapa cara dapat dilakukan guna mencegah terjadinya penyakit rubella. Di antara cara yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut.

1. Melakukan Imunisasi Rubella

Pertama, pencegahan dapat dilakukan dengan imunisasi Rubella. Untuk kawasan Indonesia, imunisasi Rubella diberikan dalam bentuk MMR atau MR. Imunisasi biasanya dilakukan pada usia 15 bulan dan selanjutnya akan diulang pada usia 5 tahun. Jenis imunisasi rubella tentunya bisa didapatkan oleh orang dewasa,  namun tidak untuk wanita hamil.

2. Hindari Kontak Secara Langsung dengan Penderita Rubella

Selanjutnya, pencegahan dapat dilakukan dengan menghindari kontak secara langsung dengan para penderita rubella. Hal ini sebagai salah satu langkah atau pun upaya agar terhindar dari rubella. Cara ini hendaknya dilakukan terutama oleh mereka yang belum pernah mendapatkan imunisasi rubella. Pencegahan lebih baik dilakukan sebelum penyakit lebih kuat menyerang tubuh.

3. Menjaga Kebersihan dengan Baik

Kebersihan adalah salah satu kunci agar tubuh tetap sehat. Begitupun untuk menghindari penyakit yang menimbulkan ruam merah pada kulit ini hendaknya jagalah kebersihan dengan sebaik mungkin. Kebersihan lingkungan dan kebersihan tubuh menjadi salah satu penunjang agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai serangan penyakit.

4. Olahraga yang Teratur

Selanjutnya, melakukan olahraga yang teratur menjadi salah satu cara lainnya yang bisa dilakukan agar terhindar dari rubella. Melakukan olahraga secara teratur akan membuat tubuh lebih terlihat bugar. Selain itu, olahraga yang teratur juga akan membantu menjaga stamina tubuh lebih maksimal serta sistem kekebalan tubuh pun lebih baik.

5. Menjalani Vaksinasi MMR Bagi Penderita Serumah

Agar terhindar dari rubella, hendaknya lakukan vaksinasi MMR pada penderita yang tinggal serumah. Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mencegah penularan dari penderita rubella. Langkah ini juga biasanya dilakukan pada ibu hamil agar terhindar dari penularan rubella yang bisa menyerang ibu hamil.

baca: Apa Obat Penyakit Gondogan?

Nah, itulah beberapa informasi terkait penyakit rubella mulai dari definisi, gejala, hingga pencegahan yang bisa dilakukan. Apapun penyakitnya, melakukan pencegahan lebih baik sebelum terjadinya serangan berbagai penyakit yang dapat berdampak buruk pada tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *