Categories
Kesehatan

Tekanan Darah Normal Setiap Usia

Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa dialami oleh berbagai usia tidak terkecuali anak muda. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah karena pola makan yang kurang sehat. Junk food dengan kandungan garam yang tinggi bisa jadi dengan salah satu penyebabnya. Lalu, seperti apa tekanan darah normal bagi tiap usia ? artikel ini akan membahasnya, mari kita simak dibawah.

Baca: Tips Mencegah Rubella

Sebelum mengetahui  seperti apa tekanan darah yang normal, tidak ada salahnya jika kita mengetahui tekanan darah secara umum. Tekanan darah yaitu kekuatan atau tekanan yang dibutuhkan oleh jantung untuk mendistribusikan aliran darah ke seluruh tubuh. Setelah mengetahui secara umum, mari kita simak pembahasan lanjutan di bawah ini:

Tekanan Darah Yang Normal dan Cara untuk Mengetahuinya

Kita perlu melakukan pemeriksaan tekanan darah untuk mengetahui tekanan darah normal atau tidak. Alat pengukur tekanan darah bernama sphygmomanometer, pemeriksaan ini bisa dilakukan di puskesmas atau dokter. Jika ingin melakukan pemeriksaan sendiri kita perlu memberi alat pengukur tekanan darah. Agar praktis dan bisa dibawa kemana-mana belilah alat yang digital.

1. Tekanan Darah Untuk Dewasa

Setelah mengukur tekanan darah dan mengetahui hasilnya, saatnya mengetahui berapa tekanan darah yang seharusnya. Berikut penggolongan tekanan darah normal hingga tinggi:

  • Normal: antara 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg.
  • Rendah: mencapai kisaran 90/60 mmHg ke bawah
  • Tinggi: mencapai kisaran 140/90 mmHg ke atas.

Tidak perlu khawatir Jika tekanan darah kita normal. Apabila tekanan darah cenderung rendah atau bahkan lebih tinggi dari biasanya, maka kita perlu berkonsultasi pada dokter. Sebelum kondisi yang tidak diinginkan terjadi dan semakin buruk.

2. Tekanan Darah yang Normal untuk Anak-anak dan Bayi

Untuk menentukan tekanan darah normal bagi anak-anak dan bayi  bisa dibilang cukup rumit, karena sangat bergantung pada usianya. Tekanan darah pada anak dan bayi akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. 

Baca: Aturan Pakai Paracetamol

Beberapa ahli menyatakan tekanan darah yang normal untuk anak dan bayi apabila memiliki tekanan darah lebih dari 90% dibanding anak seusianya. Apabila tekanan darah lebih dari 95% dibandingkan anak biasanya maka dinyatakan hipertensi.

3. Tekanan Darah yang Normal untuk Remaja

Tekanan darah normal untuk remaja dan orang dewasa adalah berada di kisaran 120/80 mmHg, untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

  • 120 mmHg, merupakan tekanan darah sistolik. Pada angka ini menunjukkan bahwa jantung sedang berkontraksi dan mengerahkan tekanan maksimum
  • 80 mmHg, merupakan darah diastolik. Pada angka ini menunjukkan bahwa jantung sedang beristirahat di antara kontraksi.

Tips Agar Tekanan Darah Tetap Normal

Apabila kita mengidap tekanan darah tinggi dan ingin mengembalikannya dalam keadaan normal. Jangan khawatir berikut ada beberapa tips yang bisa dicoba:

  • Olahraga yang teratur, dengan melakukan olahraga yang teratur bisa membuat peredaran elastis yang dapat memperlancar peredaran darah dan juga bisa memperkuat otot jantung.
  • Menurunkan berat badan, dengan menjaga berat badan tetap ideal akan terhindar dari obesitas dan resiko hipertensi.
  • Menerapkan pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan sehat dan mengurangi konsumsi garam dapat menurunkan resiko hipertensi.
  • Hindari alkohol dan rokok, sebab nikotin yang terkandung dalam rokok dapat menyebabkan pembuluh darah kaku dan mengkerut, sehingga bisa meningkatkan tekanan darah

Kuncinya agar tekanan darah tetap normal adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan mengkonsumsi makanan dengan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Demikianlah informasi mengenai tekanan darah normal bagi tiap usia. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan selamat mencoba untuk tips yang sudah dibahas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *