Categories
Obat

Manfaat Obat Cefixime yang Penting Diketahui

Berbagai macam obat-obatan yang ada dalam dunia medis memiliki manfaat atau fungsi masing-masing.  Manfaat yang ada pada obat, jika dikonsumsi dengan benar atau sesuai dosisnya bisa menyembuhkan. Seperti halnya obat cefixime yang merupakan obat yang termasuk dalam kategori antibiotic. Dari penelusuran AkronRegister, obat ini  berguna untuk mengobati infeksi bakteri yang ada pada bagian telinga.

Tidak hanya pada telinga tapi juga mampu mengobati infeksi pada saluran kandungan kemih. Bentuk dari obat ini berupa tablet dan juga berbentuk syrup. Fungsi lain dari obat cefixime adalah untuk menghambat perkembangbiakan bakteri yang ada pada saluran kemih kemih dan bagian telinga. Namun, obat ini tidak bisa menghentikan sebuah virus seperti halnya virus yang terdapat pada flu.

baca: Gejala Tipes yang Berbahaya

Cefixime ini hanya boleh dikonsumsi sesuai dengan resep yang sudah di anjurkan oleh dokter. Dapat dikonsumsi oleh anak – anak, orang dewasa, serta wanita yang sedang hamil. Perlu digaris bawahi, penggunaanya  harus dengan resep dokter. Sebelum meminumnya, beberapa peringatan di bawah ini harus diperhatikan:

1. Jangan Dikonsumsi Bila Memiliki Alergi

Bagi pasien yang memiliki alergi terhadap jenis obat cefixime  atau kandungan yang ada di dalamnya, sebaiknya jangan mengkonsumsinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Sebaiknya konsultasikan terlebih  dulu ke dokter tentang alteranatif obat lain yang bisa digunakan untuk menyembuhkan infeksi. 

2. Perhatikan Penyakit Khusus yang Dimiliki

Dalam setiap penyakit pastilah memiliki obatnya. Namun, bagaimana dengan obat cefixime ini? Apakah tidak memiliki efek samping terhadap penyakit atau obat lain? Ternyata ada. Obat satu  ini sangat tidak dianjurkan bagi penderita anemia hemolitik. Penyakit khusus ini berupa gangguan yang ada pada ginjal, serta radang pada usus. Jika di minum bagi penderita penyakit tersebut bukannya menyembuhkan malah bisa berakibat fatal.

3. Jangan Dikonsumsi Bersama Obat Lain

Terkadang penyakit dalam tubuh itu tidak hanya satu. Dalam penyembuhannya sendiri pastilah perlu beberapa obat. Namun, mengkonsumsi obat satu ini tidak dianjurkan dikonsumsi bersama obat lain. Jika ingin dikonsumsi bersama obat lain, maka sebaiknya bicara dulu ke dokter. Peran dokter disini untuk mengatur dosis obat yang pas dan aman untuk dikonsumsi.

4. Wanita yang Sedang Menggunakan Pil KB

Pada wanita yang sedang mengkonsumsi pil kb tentu harus menanyakan terlebih dulu kepada dokter perihal obat ini. Wanita yang biasanya menggunakan pil kb tidak dianjurkan untuk menggunakan obat-obatan tertentu. Oleh sebab itu, jika terpaksa harus mengkonsumsi sebaiknya konsultasi terlebih dahulu.

5. Bayi yang Baru Lahir

Sebenarnya obat ini bisa dikonsumsi oleh usia yang masih kanak-kanak. Pertanyaanya, bagaimana dengan bayi yang baru lahir? Tentunya, bayi tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsinya. Tubuhnya yang masih dalam masa pertumbuhan tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan selain asi, terlebih lagi obat-obatan.

Pastikan dalam mengkonsumsi obat ini jarak dan waktu sesuai . Lebih baik  mengkonsumsi pada jam yang sama  setiap harinya. Efek yang ditimbulkan dengan mengkonsumsi teratur akan lebih optimal. Minumlah obat ini sampai penyakit yang diderita benar-benar sembuh agar obat dapat maksimal dalam membantu menyembuhkan.

Setiap obat yang dikonsumsi tentu akan memiliki efek samping yang dimiliki. Obat ini memiliki efek samping seperti halnya sakit kepala, pusing, gangguan pada pencernaan, diare, dan juga mual. Demikian ulasan mengenai manfaat dan beberapa peringatan penggunaan dari obat cefixime ini. Semoga yang mengkonsumsi obat ini dapat segera sembuh dari penyakitnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *