Categories
Obat

Cara Minum Paracetamol Lengkap Dengan Dosisnya

Ketika demam dan sakit kepala, reda nyeri, dan gigi sakit, obat yang pertama kali dicari oleh seseorang adalah paracetamol. Cara minum paracetamol pasti berbeda-beda tergantung umurnya, apa lagi yang diberikan untuk anak tentu harus lebih jelih lagi. Acetaminophen adalah jenis obat yang biasanya dikemas dalam bentuk tablet butiran berat 500 mg hingga 600 mg. Tetapi ada juga bentuk dalam sirup, suppositoria, dan infus.

Baca: Penjelasan Obat Cefixime

Jenis obat ini akan digunakan melalui mengurangi beberapa produk yang disimpan dalam zat yang dapat menimbulkan rasa peradangan yang disebut dengan istilah prostaglandin. Bagaimana cara mengurangi rasa dari prostaglandin ini yang menyerang tubuh. Agar rasa semakin berkurang dengan sangat stabil dan tidak sakit. Berikut cara minum lengkap dengan dosisnya untuk anak hingga orang dewasa:

1. Untuk Anak – Anak Berusia Kurang Dari 2 Bulan

Memberikan paracetamol untuk anak – anak yang kurang dua bulan harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak memberikan efek samping pada diri anak tersebut. Yaitu dengan memberikan kepada anak yang memiliki berat badan 10 hingga 15 miligram atau kilogram. Dengan takaran waktu setiap enam jam sekali atau  sesuai sesuai saran dokter.

2. Untuk Anak Berusia 2 Bulan Sampai 12 Tahun

Langkah berikutnya yang harus dilakukan saat minum parasetamol untuk anak yang masih dua bulan hingga dua belas tahun. Adalah dengan cara memberikan dalam takaran waktu setiap 4 hingga 6 jam sesuai dengan yang telah disediakan oleh dokter.

3. Untuk Anak Usia Lebih Dari 12 Tahun

Nah cara minum paracetamol selanjutnya adalah untuk anak yang telah berusia lebih dari 12 tahun yaitu rentang usia 12 hingga 19 tahun. Dimana, ukuran dalam meminumnya adalah 325 hingga 650 miligram setiap 4 hingga 6 jamnya atau 1000 miligram setiap 6 sampai 8 jamnya.

4. Untuk Bayi Yang Lahir Usia Kurang Sepuluh Hari

Jika anak baru lahir memerlukan demam, dalam memberikan obat perlu perhatian khusus yang selektif, yaitu pada dosis infus adalah 10 miligram per dosis untuk setiap enam jam. Lalu untuk oralnya adalah maksimal 60 miligram atau kilogram setiap berat orang. Dan terakhir pada rektalnya adalah memberikan setiap 8 jam.

5. Untuk Bayi Lebih Dari Usia Sepuluh Hari

Pada cara memberikan obat parasetamol untuk bayi yang lahir dalam jangka waktu sepuluh hari adalah dengan cara memberikan dosis pada infus adalah ukuran 20 miligram. Dengan takaran waktu enam jam, lalu pada jenis yang tidak diinfus adalah bantuan waktu enam jam dalam takaran 90 miligram per harinya.

6. Untuk Orang Dewasa

Terakhir adalah dosis untuk minum parasetamol untuk orang dewasa yaitu ukurannya 325 hingga 650 miligram pada jangka waktu setiap 4 hingga 6 jam. Atau disebut juga 1000 miligram dalam jangka waktu 6 hingga 8 jam baik itu oral atau rektal. Selain itu, dalam tablet ini dikonsumsi 4 hingga 6 jam

Bagaimana informasi tentang cara minum paracetamol yang baik dan benar di atas? tentunya sangat membantu bukan. Apa lagi seperti yang diketahui obat satu ini cukup banyak dikonsumsi.  Intinya dalam meminum obat adalah melihat aturan cara minumnya dan dosisnya. Agar semua dapat berjalan maksimal dan baik, selain itu, dalam meminum obat. Dimaksudkan untuk dapat dilihat dengan anjuran yang tepat sehingga tidak memabukkan.

baca: Inilah Apotek Online Terbaik di Indonesia Saat Ini

Lebih lanjut jika tidak dihabiskan dengan baik maka akan menyebabkan efek samping yang kronis seperti mual, gatal – gatal, sakit perut yang luar biasa. Hilang nafsu makan, urin warna gelap, feses nampak pucat, kuning kulit dan mata, serta penyakit lainnya yang harus dikondisikan dengan baik dan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *