Categories
Kesehatan Penyakit

Cara Menyembuhkan Kista Dengan Metode Yang Ampuh

Kista adalah penyakit yang menjangkit pada tubuh manusia. Penyakit ini berbentuk seperti sebuah benjolan yang berisi cairan. Tidak hanya muncul di bagian kulit saja, ada beberapa bagian tubuh lain yang menjadi tempat bertumbuhnya kista. Seperti rahim, otak, atau pada bagian ginjal.

baca: Konsultasi Kista di Apotek Online

Kista sendiri dibagi menjadi 2 yaitu kista jinak dan kista ganas. Sedangkan untuk jenisnya terdapat berbagai macam yang cara menyembuhkan kista juga berbeda-beda.

Metode-metode untuk menyembuhkan kista

Penyakit kista terkadang muncul tanpa disadari karena tidak adanya gejala yang dirasakan sebelum munculnya penyakit ini. Namun jangan cemas masih ada banyak orang yang ingin mengetahui tentang cara menyembuhkan kista dengan metode yang ampuh. Yuk, cek caranya:

1. Direndam dengan Air Hangat

Cara menyembuhkan kista adalah dengan merendam di air hangat. Terdapat beberapa jenis kista antara lain adalah kista bartholin yang dapat diatasi dengan cara ini. air hangat akan berguna dalam membuat benjolan kista mengecil dan hilang. Air hangat yang mengandung belerang di pemandian air panas lebih dianjurkan untuk pengobatan kista.

Metode dengan cara berendam di air panas ini hanya berlaku untuk penyakit kista yang jinak dan tidak terlalu parah. Berbeda dengan kista yang lebih ganas, yang harus diobati dengan prosedur kedokteran yang lebih efisien.

2. Menggunakan obat Kortikosteroid

Penyakit kista berbentuk benjolan yang mana untuk menyembuhkan dan membuat kulit kembali sehat seperti sedia kala, dokter yang menangani penyakit ini akan memberikan obat kortikosteroid dengan cara disuntikkan pada kista sehingga menghilangkan radangnya. Bilamana radang yang terdapat pada kista hilang maka kulit akan berangsur-angsur pulih.

3. Obati dengan antibiotik

Benjolan pada kista mengandung cairan yang di dalamnya terdapat kuman sehingga menyebabkan infeksi. Kuman penyebab infeksi ini dapat diatasi dengan memberikan obat antibiotik. Sebenarnya kuman inilah yang membuat kista tidak sembuh-sembuh. Jadi cara menyembuhkan kista adalah dengan obat antibiotik.

Obat antibiotik akan membunuh kuman-kuman yang berada pada benjolan kista dan mengeluarkannya lewat keringat dan urin pasien. Obat ini dapat diperoleh dengan mudah di apotik namun untuk penggunaannya harus dengan resep dokter ya supaya dosisnya sesuai dengan kegunaan dan tidak menyebabkan penyakit lainya.

4. Metode Aspirasi

Permasalahan pada penyakit kista terdapatnya cairan yang berada di dalam kulit. Jangan mencoba untuk mengeluarkan sendiri cairan ini. Meskipun dengan menekan dan memencet dengan tangan akan membuat cairan ini keluar, tetapi cara ini sangat berbahaya untuk dilakukan. Sehingga untuk menyembuhkan kista harus ditangani oleh dokter untuk mengeluarkan cairan itu.

Metode aspirasi adalah cara untuk menyembuhkan kista. Dokter menusukkan jarum suntik ke dalam kista dan menghisap cairan sehingga akan berpindah dari dalam benjolan ke dalam tabung suntik. Jenis kista yang mampu diatasi dengan metode aspirasi adalah kista ganglion.

5. Penyinaran Laser

Laser yang telah disesuaikan oleh dokter untuk pengobatan kista akan disiarkan pada benjolan yang terdapat pada tubuh pasien. Laser ini yang kemudian akan menyembuhkan dan menyusutkan benjolan kista. Beberapa rumah sakit telah menyarankan dan melakukan metode penyinaran untuk kista.

6. Operasi Kista

Jika cara menyembuhkan kista yang telah dibahas diatas belum mampu untuk menyembuhkan penyakit ini. Cara yang harus pasien ambil adalah dengan operasi kista. Operasi ini biasanya dilakukan untuk mengatasi kista pada organ dalam pada tubuh. Sebelum operasi dokter akan memeriksa pasien terlebih dahulu sebelum operasi dilakukan.

baca: Cek Tekanan Darah Normal

Itulah cara menyembuhkan kista. Supaya terhindar dari penyakit kulit seperti kista disarankan untuk selalu menjaga kebersihan diri, selalu berdoa dan berikhtiar agar selalu diberikan kesehatan ya. Tetap positif dan semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *