Categories
Obat

Obat Sariawan Alami Tanpa Efek Samping Agar Cepat Sembuh

 Sariawan adalah salah satu bentuk gangguan pada rongga mulut dan bibir yang timbul akibat berbagai macam faktor. Munculnya sariawan dapat menyebabkan penderita kesulitan untuk makan, minum, sikat gigi atau bahkan berbicara. Pasalnya, sariawan yang serupa luka atau radang pada bibir ini akan menimbulkan rasa perih yang sangat mengganggu. 

Penyebab Munculnya Sariawan

Faktor utama penyebab dari munculnya sariawan adalah karena keberadaan jamur candida albicans. Jamur ini sebenarnya secara alami ada di dalam mulut. Hanya saja saat seseorang sariawan maka jamur ini akan menyebabkan timbulnya luka atau radang yang disebut sariawan. Berikut adalah faktor risiko munculnya sariawan di rongga mulut dan bibir.

  • Kekurangan konsumsi zat besi dan juga vitamin B
  • Konsumsi obat yang menyebabkan rongga mulut menjadi lebih kering karena produksi air liur menurun
  • Kebersihan rongga mulut yang kurang terjaga akan menyebabkan jamur candida albicans lebih mudah tumbuh subur. Jamur candida albicans yang berjumlah banyak akan meningkatkan kemungkinan munculnya sariawan.
  • Menurunnya sistem imunitas tubuh. Riset menunjukkan bahwa mereka yang sedang mengalami stres cenderung lebih berisiko mengalami sariawan. Stres akan menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menurun sehingga sariawan lebih mudah timbul.
  • Terkena gigitan atau terluka. Daerah bibir atau dinding mulut yang tidak sengaja tergigit ketika seseorang mengunyah makanan juga bisa menyebabkan timbulnya sariawan. Selain karena gigitan, penggunaan sikat gigi yang terlalu kasar sehingga menyebabkan daerah rongga mulut luka juga menyebabkan timbulnya sariawan.

Baca juga: Obat Radang Tenggorokan yang Manjur

Pengobatan Sariawan Secara Alami

Meski di apotek tersedia obat-obatan untuk sariawan, namun tidak ada salahnya jika Anda menggunakan cara alami di bawah ini. Cara alami di bawah ini bisa digunakan untuk sariawan kecil yang memang tidak berlangsung lama. Untuk kasus parah hingga sangat mengganggu, sebaiknya kunjungi dokter karena dikhawatirkan ada radang tertentu di area rongga mulut.

  • Mengkonsumsi Banyak Air Putih

Sebaiknya konsumsi air putih sekurang-kurangnya 2,7 liter setiap hari atau sekitar 11 gelas ukuran sedang. Air putih akan membantu mempercepat penyembuhan sariawan di daerah rongga mulut yang disebabkan oleh kekurangan cairan dan mineral

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Anda disarankan untuk menjauhi makan-makanan instan atau fast food jika ingin segera sembuh dari sariawan. Makanan sehat yang disarankan seperti vitamin B, vitamin C, zat besi, dan juga folat. Anda bisa menemukan vitamin dan mineral ini dalam berbagai makanan alami seperti sayuran hijau, buah jeruk dan berbagai buah lainnya. 

  • Memanfaatkan Es Batu

Anda bisa menggunakan bongkahan es batu untuk membantu penyembuhan sariawan. Caranya cukup dengan meletakkan bongkahan es batu ukuran kecil ke bagian yang terkena sariawan. Diamkan es batu tersebut sampai esnya mencair.

  • Berkumur Larutan Garam

Gunakan larutan garam untuk berkumur beberapa kali sehari. Anda bisa membuatnya dengan mencampurkan beberapa sendok garam ke dalam air hangat. Air garam dapat menetralkan tingkat keasaman pada rongga mulut sehingga pH lebih terjaga. Asam sendiri bisa muncul di mulut akibat aktivitas bakteri. 

  • Menggunakan Obat Maag Cair

Anda juga bisa menggunakan obat maag cair dari apotek untuk kemudian dioleskan pada bagian yang terkena sariawan. Obat maag cair mengandung magnesium hidroksida yang berfungsi untuk meredakan sariawan.

Untuk mengatasi timbulnya sariawan sebenarnya bisa menggunakan obat-obatan alami seperti di atas. Selain itu, memahami faktor risiko penyebab sariawan akan membantu Anda agar terhindar dari sariawan. Pastikan Anda mengkonsumsi cukup air, vitamin dan mineral agar terhindar dari sariawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *