Categories
Obat

Kenali Obat Radang Tenggorokan Kimia dan Alami

Radang tenggorokan adalah salah satu bentuk gangguan yang paling sering menyerang anak-anak hingga mereka yang telah dewasa. Gangguan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal baik itu infeksi bakteri, reaksi alergi, infeksi akibat virus, merokok, ataupun polutan di udara perkotaan yang tidak sengaja terhirup. Orang dengan kebiasaan berteriak pun memiliki risiko radang tenggorokan lebih besar. 

Untuk mengatasi radang tenggorokan bisa dilakukan dengan obat alami maupun obat apotek. Berikut jenis obat-obatannya.

Obat Radang Tenggorokan Alami

Kunci dari memanfaatkan obat radang tenggorokan alami adalah ketekunan. Pasalnya obat alami biasanya memang tidak akan langsung memberikan efek. Butuh beberapa kali konsumsi baru akan tampak hasilnya.

  • Air Lemon

Seperti yang kita ketahui bahwa lemon merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C pada air lemon akan bekerja sebagai antioksidan untuk memperbaiki sistem imun tubuh. Alhasil tubuh akan lebih terhindar dari berbagai serangan infeksi baik itu dari virus maupun bakteri. Untuk mendapatkan manfaat lemon cukup peras sebanyak satu buah lemon dan masukkan ke dalam air putih. Minum air ini setiap hari.

  • Berkumur dengan Air Garam

Cara mudah dan murah dalam meredakan radang tenggorokan secara alami adalah berkumur menggunakan air garam. Caranya cukup mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan campuran ini untuk berkumur setiap hari. Saat berkumur Anda harus menengadahkan kepala ke atas sedikit supaya cairan menjangkau tenggorokan. 

  • Madu Alami

Madu alami memiliki kemampuan dalam membasmi bakteri di dalam tenggorokan yang menyebabkan peradangan. Selain itu, konsumsi madu juga dapat menurunkan jumlah lendir yang diproduksi di area tenggorokan. Untuk mengkonsumsi madu sebagai obat radang tenggorokan alami cukup dengan mencampurkan dua sendok madu dengan air hangat dan minum sebelum tidur. 

  • Air Kayu Manis

Kayu manis ternyata memiliki kemampuan sebagai antibakteri dan juga antioksidan yang baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Caranya cukup mencampurkan kayu manis ke dalam teh hangat serta air hangat dan konsumsi minuman ini setiap hari. 

Obat Radang Tenggorokan yang Tersedia di Apotek

Anda bisa memilih antara menggunakan obat radang alami ataupun yang kimiawi. Obat kimiawi memang biasanya lebih cepat memiliki efek untuk melegakan tenggorokan. Meski begitu, obat alami memiliki nilai lebih berupa sangat kecilnya efek samping. 

  • Tablet Isap

Anda pasti dapat dengan mudah menemukan tablet isap atau dikenal pula sebagai lozenges di apotek. Obat ini bahkan terkadang juga bisa ditemukan di minimarket. Tablet isap secara sekilas mungkin terlihat seperti permen namun penggunaannya tentu tidak boleh sembarangan karena merupakan obat. Di dalam tablet isap terdapat zat aktif yang bertindak sebagai anestetik, antiradang, dan antiseptik. Ketika mengkonsumsi tablet isap maka rongga mulut akan memproduksi lebih banyak air ludah.

  • Obat Meredakan Nyeri

Untuk meredakan rasa sakit atau nyeri akibat radang tenggorokan, maka di apotek tersedia obat paracetamol dan acetaminophen. Hanya saja obat ini tidak bertindak untuk mengatasi radang.

  • Obat Antiradang

Untuk mengatasi radang maka obat di apotek yang tersedia seperti ibuprofen. Obat ini bisa menurunkan rasa sakit hingga melegakan peradangan.

  • Obat Kumur

Untuk meredakan rasa sakit pada area tenggorokan akibat radang bisa mengkonsumsi obat kumur. 

Sebaiknya segera kunjungi dokter apabila radang yang muncul pada tenggorokan terasa mengganggu. Pasalnya untuk beberapa kasus radang tenggorokan terjadi akibat pengaruh infeksi bakteri. Untuk mengatasi infeksi bakteri maka diharuskan mengkonsumsi antibiotik. Antibiotik hanya bisa diperoleh dengan resep dokter di apotik online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *