Categories
Kesehatan Obat

Inilah Obat Radang Tenggorokan Alami yang Dapat Diperoleh Di Rumah

Sakit tenggorokan adalah satu hal yang sangat mengganggu sekali. Biasanya, sakit tenggorokan muncul sebagai pertanda awal dari pilek, flu, atau bisa jadi efek samping dari pita suara yang menegang. Parahnya lagi, rasa sakit ini bisa jadi indikasi dari sesuatu yang lebih serius yaitu radang tenggorokan. Apapun itu penyebabnya, tentu Anda segera ingin terlepas dari rasa sakit tenggorokan bukan?

baca juga: Apa itu Ibuprofen?

Sebab, rasa sakit ini sangat membuat tidak nyaman. Mungkin, Anda ingin segera ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Namun, ternyata radang tenggorokan ini bisa diobati dengan obat sakit tenggorokan alami di rumah. Yuk cari tahu obat radang tenggorokan alami apa saja yang dapat Anda coba!

Kumur Air Garam

Salah satu cara efektif untuk mengobat sakit tenggorokan adalah dengan berkumur dengan air garam hangat. Cara ini terbukti ampuh untuk meredakan nyeri dan rasa panas dari sakit tenggorokan. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan, berkumur dengan air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan, mencairkan lendir, membantu membilas bakteri, serta mengatasi penyebab iritasi lain sehingga meringankan ketidaknyamanan Anda saat menelan.

Anda dapat membuat ramuan air garam alami ini dengan mencampur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduklah hingga garam larut dengan air, lalu kumurlah beberapa detik. Keluarkan dan ulangi berkumur air garam beberapa kali sepanjang hari. Tentu saja rasanya akan sangat asin tak tertahankan. Jika tidak kuat, Anda bisa campurkan sedikit madu untuk menetralkan rasa asinnya. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal ya!

Penuhi Cairan Tubuh 

Jika Anda sedang mengalami sakit tenggorokan, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak cairan untuk meringankan rasa sakinya. Ya, menjaga asupan cairan tubuh seimbang adalah bagian penting dari obat sakit tenggorokan yang alami. Sebab, apabila Anda kekurangan cairan, maka tubuh tidak dapat menghasilkan air liur dan lendir yang cukup guna menjaga tenggorokan tetap lembab. Jika hal ini terjadi, maka akan mengakibatkan pembengkakan dan peradangan jadi lebih buruk.

Disisi lain, Anda harus tetap mengonsumsi cairan yang banyak supaya urin berwarna kuning terang atau jernih. Hal ini akan membuat selaput lendir tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri penyebab iritasi, seperti alergen. Kondisi ini juga akan membuat sistem kekebalan jauh lebih efektif dalam memerangi gejala pilek, flu, dan lainnya. 

Oleh karena itu, perbanyak minum air putih untuk mengatasi radang tenggorokan alami yang terbaik. Namun, Anda juga bisa menggantinya dengan teh jahe madu hangat, teh hijau tawar hangat, atau bisa juga sup ayam lezat. Ketahuilah, kandungan sodium dalam sup ayam mampu bertindak sebagai obat anti peradangan. Selain itu, mengonsumsi sesuatu saat sakit tenggorokan pasti akan lebih menyulitkan. Jadi, mengonsumsi nutrisi cair dapat membantu Anda memenuhi nutrisi yang cukup untuk melawan penyakit Anda.

Istirahat

Mungkin, langkah ini terdengar sepele. Namun, jika diabaikan tidak membuat radang tenggorokan berangsur sembuh. Cobalah untuk beristirahat yang cukup untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan demikian, Anda bisa cepat sembuh. Tak lupa, istirahatkan suara Anda untuk obat alami sakit tenggorokan.

Itulah beberapa obat alami radang tenggorokan yang bisa Anda coba. Jika dirasa sudah tidak tahan, Anda bisa mendapatkan perawatan dari dokter atau memperoleh obat dari apotek. Jangan lupa, lakukan beberapa upaya pencegahan supaya radang tenggorokan tidak muncul lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *