Categories
Dokter

Ciri Dokter Gigi Bandung yang Terpercaya

Memperhatikan dari segi kesehatan memang sangat perlu dilakukan, terutama pada bagian yang sering kali mengalami rasa sakit. Demi menjaga kesehatan mulut dan gigi, maka diri seseorang dianjurkan untuk datang ke dokter gigi secara rutin untuk melakukan perawatan. Bagi Anda yang berdomisili di Bandung, tentunya tidak akan mengalami kesulitan dalam menemukan dokter gigi Bandung yang terbaik dan legal.

Ada banyak sekali klinik gigi yang bisa Anda jumpai, sehingga hal ini seringkali membuat diri seseorang mengalami kebingungan. Terutama dalam menentukan dokter gigi yang sekiranya direkomendasikan dan terpercaya. Ada satu hal yang perlu dipertimbangkan dengan baik supaya Anda tidak salah dalam menentukan pilihan dokter gigi di Bandung. Salah satunya yaitu memastikan bahwa dokter gigi tersebut legal.

Ciri Praktek Dokter Gigi yang Legal

Sangat disayangkan sekali apabila Anda salah dalam menentukan pilihan dokter praktek. Hal ini seringkali membuat diri seseorang harus waspada pada saat mencari dokter praktek. Terlebih lagi banyaknya oknum yang tidak bertanggung jawab dan sudah beredar di internet. Supaya Anda tidak salah dalam menentukan pilihan, maka berikut ini ciri praktek dokter gigi yang legal:

  1. Mempunyai Surat Izin

Ciri pertama yang memberikan tanda bahwa dokter gigi yang praktek tersebut adalah legal yaitu mempunyai Surat Izin Praktek. Untuk mengetahui apakah dokter tersebut sudah mempunyai izin praktek atau belum Anda dapat melakukan pengecekannya melalui portal Konsil kedokteran Indonesia. Anda bisa melakukan pengecekan secara langsung untuk bisa memastikan bahwa praktek dokter tersebut benar-benar resmi atau legal.

Sangat disayangkan sekali apabila pelayanan yang ditawarkan lengkap dan secanggih apapun peralatan yang ada di sana. Namun apabila tidak mempunyai surat izin tentunya hal ini tidak dapat dijadikan sebagai jaminan. Untuk izin dokter terbagi menjadi dua, yaitu STR atau Surat Tanda Registrasi dan SIP atau Surat Izin Praktek. Untuk keduanya tersebut telah diatur pada Undang-Undang UUPK Tahun 2004 nomor 29 yang menyangkut mengenai praktik kedokteran.

  1. Surat Izin Pengoperasian Klinik

Ciri kedua yang bisa Anda lihat yaitu dari segi surat izin pengoperasian klinik. Surat izin ini pada biasanya terletak di bagian meja resepsionis. Bisa juga dipajang pada bagian ruang depan klinik. Untuk bisa memastikannya, Anda pun bisa bertanya secara langsung pada pihak petugas. Sehingga Anda tidak perlu takut untuk menanyakan kebenarannya, karena hal ini memang telah diatur pada bagian Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 9 Tahun 2014.

Tindakan yang dilakukan dokter maupun tim medis akan dikatakan aman dan legal apabila klinik tersebut sudah memiliki surat izin pengoperasian. Selain itu dokter yang menanganinya juga telah mempunyai surat izin praktek. Dengan hal ini maka lebih meyakinkan diri Anda ketika datang ke klinik gigi.

  1. Pengelolaan Limbah

Anda sebagai pasien pantas mempertanyakan mengenai limbah. Apabila klinik belum dapat mengelola limbahnya atau pembuangan limbah dilakukan secara sembarangan, maka hal ini bisa dikatakan bahwa klinik tersebut belum legal. Sementara untuk kebersihan dan kesehatan menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sebab itulah penilaian pada sebuah praktek dokter gigi bisa dilihat dari segi pengelolaan limbahnya, apakah layak atau tidak.

Beberapa langkah yang ada di atas bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk menemukan klinik dokter gigi. Tujuannya yaitu supaya Anda benar-benar menemukan klinik yang terpercaya dan resmi. Dengan begitu maka pasien akan lebih yakin untuk melakukan perawatan pada gigi. Tanpa memperhatikan beberapa hal diatas Anda akan sulit menemukan dokter praktek gigi yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *